Banten24

Listrik Terdampak Banjir di Serang Pulih, Demi Keselamatan Warga PLN Tetap Siagakan Personil

BISNISBANTEN.COM — PT PLN (Persero) UP3 Banten Utara berhasil menyalakan kembali seluruh gardu dan pelanggan terdampak banjir di wilayah Serang dan sekitarnya. Total 222 gardu dan 33.481 pelanggan yang sebelumnya terdampak banjir kini telah menyala kembali.

“Alhamdulillah, pada pukul 14.10 WIB tadi (03/03), banjir telah surut dan permukiman warga dan gardu sudah tidak tergenang. Gardu telah kita cek dan bersihkan, sehingga listrik dapat kita nyalakan. Kini 100 persen gardu distribusi dan sekitarnya telah kembali teraliri listrik,” tutur Manager UP3 Banten Utara, Aep Saepudin.

Advertisement

Tantangan yang dihadapi petugas PLN dalam proses penormalan adalah kondisi di lokasi yang penuh genangan air. Apabila kondisi belum dipastikan aman, petugas PLN tidak bisa menormalkan listrik di lokasi karena sangat membahayakan keselamatan masyarakat dan dapat mengakibatkan arus hubung singkat.

“Kami mohon maaf apabila penormalan di beberapa lokasi membutuhkan waktu karena sesuai prosedur petugas PLN harus memastikan kondisi telah aman untuk dialiri listrik,” tutur Aep

Meskipun telah surut dan listrik telah kembali menyala, petugas PLN tetap siaga untuk mengantisipasi gangguan yang potensi terjadi. Aep mengimbau masyarakat agar memastikan semua instalasi listrik dan peralatan elektronik telah kering dan aman sebelum dinyalakan untuk menghindari korsleting listrik.

“Kami imbau masyarakat tetap berhati-hati dengan peralatan listrik, apabila masyarakat membutuhkan layanan kelistrikan selanjutnya bisa menghubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile,” ujar Aep.

Advertisement

PLN Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir

Selain fokus pada pemulihan listrik di lokasi yang terdampak banjir, PLN UID Banten juga berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada para korban banjir.

Melalui Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN UID Banten menyalurkan bantuan 375 paket makanan siap saji serta 100 paket hygiene kit yang telah diserahkan kepada 375 penerima manfaat di Kampung Kedung Leles (03/03). Sebelumnya YBM PLN juga telah memberikan bantuan berupa paket sembako di 5 titik yakni Dapur Umum Kampung Lopang Cilik, Masjid Kaujon Lama, Kampung Baru Pelarungan, Masjid Rayahu Residen, Dapur Umum dan Kampung Keganteran (01/03). Sebanyak 135 paket sembako, hygiene kit dan makanan siap saji sebanyak 300 paket juga telah diserahkan ke Kampung Cantilan dan sekitarnya (2/3).

Selain itu, melalui program PLN Peduli dan Sinergi dengan Satgas Bencana BUMN Provinsi Banten, PLN menyalurkan bantuan sembako kepada korban banjir di Posko BUMN yg berlokasi di Kawasan Masjid Agung Kesultanan Banten, Serang.

General Manager PLN UID Banten Sandika Aflianto menyampaikan turut berempati terhadap korban banjir di Serang. “PLN selain bekerja keras memulihkan kelistrikan dengan segera, kami juga turut merasakan kesulitan warga yang terdampak banjir. Semoga bantuan uang diberikan melalui PLN Peduli bisa meringankan beban warga yang terdampak,” papar Sandika.

Bantuan ini diserahkan kepada Satgas Bencana BUMN di Provinsi Banten yang ada di Serang dan untuk kemudian akan disalurkan kepada korban banjir yang ada di Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com