Banten24

Kota Bitung Pelajari Sistem dan Program Berantas Pungli di Cilegon

BISNISBANTEN.COM – Walikota Cilegon Helldy Agustian menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara yang bertujuan mempelajari sistem dan program untuk pemberantasan pungli di Aula Kantor Inspektorat Cilegon, Rabu (15/2/2023).

Turut hadir Ketua Tim UPP Cilegon Kompol Ardi Firmansyah dan Inspektur Inspektorat Cilegon Mahmudin. Kunker dikomandoi Inspektur Pembantu (Irban) 4 Kota Bitung Jovan Sanbode yang menjelaskan bahwa kedatangan jajarannya untuk mempelajari program, mekanisme, serta sistematika anggaran yang diterapkan Tim Saber Pungutan Liar (Pungli) Cilegon.

Kata Jovan, pihaknya tertarik untuk mempelajari program unggulan dan mekanisme anggaran yang dimiliki tim Saber Pungli Cilegon untuk diterapkan di Kota Bitung. Sebab, menurut Jovan, secara strategis Cilegon dan Kota Bitung memiliki banyak kesamaan. Selain itu, pihaknya juga ingin mengetahui lebih dalam terkait sistem penganggarannya.

Advertisement

“Kami juga tertarik dengan anggaran program Saber Pungli di Cilegon yang cukup besar sampai Rp600 juta, sementara anggaran di Kota Bitung hanya Rp349 juta. Hasil dari kunjungan ini akan kita laporkan. Diharapkan anggarannya bisa bertambah,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Walikota Cilegon Helldy Agustian menjelaskan, program pemberantasan Pungli di Cilegon dilakukan secara bersama-sama dengan para stakeholders.

“Kita tidak bisa melakukannya hanya sendiri. Jadi, perlu ada stakeholders lain,” ujarnya.

Advertisement

Kata Helldy, pihaknya sudah berkomitmen membangun program yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Mulai dari peningkatan honor pegawai, beasiswa full sarjana, dan lainnya.

“Itu semua kami berikan untuk masyarakat agar semakin sejahtera,” ujarnya. (dik/zai)

Advertisement
LANJUT BACA

Muhammad Siddik

Wartawan bisnisbanten.com