spot_img

Kiat Sukses Ternak Burung Puyuh ala Mus Mulyadi

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BISNISBANTEN.COM — Ikatan alumni (Ika) Agroekoteknologi Untirta bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Agronomi (Himagron) menggelar webinar dengan tema “Kiat Sukses Ternak Burung Puyuh“. Webinar ini menghadirkan narasumber pengusaha ternak burung puyuh Mus Mulyadi.

Hal ini dilaksanakan guna menyemarakkan geliat pemuda di Indonesia serta memberikan informasi juga edukasi terkait ternak burung puyuh yang baik dan benar.

Salah satu narasumber webinar Mus Mulyadi, SP merupakan pengusaha sukses ternak burung puyuh. Ia memulai bisnis ternak burung puyuh ini melalui hobi memelihara burung puyuh petelur sampai akhirnya memiliki bisnis yang menjanjikan.

Menurutnya, potensi berbisnis puyuh memiliki keunggulan, yakni masa produktif cepat dan produk banyak. Produknya yaitu pakan, daging, dan telur. Keunggulan masa produktif puyuh mencapai 18 bulan. Dalam 40-60 hari bisa bertelur dan memiliki kelebihan pada peristirahatan, istarahat burung puyuh yaitu mabung.

Mus Mulyadi memberi tips cara memulai usaha puyuh. Pada usaha puyuh biasanya masuk kemitraan mengikuti pelatihan mengenal puyuh terlebih dahulu. Bibit PST (puyuh siap telur) cocok bagi pemula. Pada kemitraan memiliki tiga tipe yaitu memiliki modal tetapi tidak memiliki lahan, tidak memiliki puyuh namun memiliki lahan, dan investasi.

- Advertisement -

Sedangkan tipe puyuh terdapat dua jenis yakni puyuh petelur dan pedaging. Puyuh petelur dapat berpotensi sebagai pedaging. Puyuh jenis malon merupakan puyuh pedaging.

Ia memberi saran bagi pemula tentang pakan. Umumnya kata dia, harga pakan mahal. Jika ingin mengolah pakan sendiri, perlu beberapa waktu.

Pakan memiliki standar, yaitu tidak boleh tinggi protein karena dapat kegemukan dan kegemukan pada puyuh itu tidak bagus. Namun kekurangan protein pun tidak masuk standar pasar pembuatan pakan.

Bahan yang digunakan untuk membuat pakan yaitu stapter. Ini adalah pakan ayam pedaging dan pakan harus halus agar homogeny. Kunci pakan ada di dedak karena mudah terurai dan harus lebih halus dari dedak.

“Generasi muda dapat tetap melangkah ke depan untuk berkarya guna menghasilkan produk dan menciptkan lapangan pekerjaan, karena banyak orang yang membutuhkan pekerjaan,” pesan Mus Mulyadi.

Ia juga memberikan rumus untuk peternakan puyuh yang unggul yaitu, genetika harus bagus, nutrisi harus bagus dan cocok, lingkungan sesuai dengan puyuh. (Hilal)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Hilal Ahmad
Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img

REKOMENDASI UNTUK DIBACA

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,042FansSuka
10,000PengikutMengikuti
5,000PengikutMengikuti
13,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

TERBARU

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
spot_img

BACA JUGA

Asyik! Ada Barbequean di Hotel The Royale Krakatau Cilegon Setiap Jumat Malam

BISNISBANTEN.COM - The Royale Krakatau Hotel Cilegon memiliki paket barbeque night dengan ragam menu panggang seperti daging sapi panggang, ayam panggang, sosis bakar, cumi...

Kalicaa, Villa dengan Kolam Renang Pribadi yang Patut Dikunjungi

BISNISBANTEN.COM - Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten memiliki beragam villa yang bisa dipilih saat berkunjung dan berlibur ke sana. Di antaranya ada Kalicaa Villa yang...