InsightKeuangan

Kamu Single dan Punya Gaji Rp4 Jutaan? Bacalah Tips Bermanfaat Ini!

BISNISBANTEN.COM —  Orang bilang, hidup itu bisa didesain, karier bisa direncanakan, dan kebahagiaan bisa dipersiapkan. Kamu yang saat ini bekerja dengan gaji Rp4 jutaan, apakah bisa meraih kebahagiaan hidup dengan gaji yang barangkali selama ini tak pernah bersisa dari bulan ke bulan?

Jangan sedih, sejatinya segala sesuatunya bisa disiasati dengan bijak agar masa depan tetap bisa dipersiapkan dengan baik dari sekarang dengan cara menabung.

Adalah sebuah kesalahan bila kamu berpikiran bahwa menabung hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang bergaji besar. Tapi itu tetap bukan jaminan, ya! Banyak juga orang yang bergaji besar, kenyataannya mereka juga tidak bisa menabung.

Advertisement

Tak perlu risau, berapa pun penghasilanmu saat ini, kamu bisa menabung asalkan ada kemauan dan tekad yang kuat untuk memulai serta disiplin menjalani tips yang akan saya bagikan ini.

Saya teringat prinsip hidup salah satu orang terkaya di Asia yang memiliki kekayaan lebih dari 31 miliar dolar AS, Li Ka Shing, di mana ia selalu membagi pendapatannya ke dalam lima kelompok. Cara yang ia lakukan berhasil membuatnya hidup lebih layak. Barangkali cara ini juga bisa kamu terapkan dalam mengelola gajimu yang mungkin masih pas-pasan.

Misalkan saat ini dirimu menerima gaji sebesar Rp4 juta setiap bulan, coba lakukan pembagian ke dalam beberapa pos pengeluaran seperti berikut ini:

30% (Rp1,2 juta) untuk biaya hidupmu, sudah termasuk biaya transportasi dan makan

Barangkali kamu masih tinggal di rumah bersama orangtua. Pagi hari sebelum berangkat kerja makanlah nasi, telur, dan minum segelas susu. Makan siangnya juga sederhana saja, bisa ditambah makanan ringan dan buah. Kalau kamu tinggal di kost, tidak adalah salahnya membiasakan diri memasak sendiri makananmu. Mumpung masih muda, hidup sederhana seperti ini tidak akan jadi masalah karena tubuhmu masih kuat.

Advertisement

20% (Rp800 ribu) untuk anggaran sosialisasimu

Kamu bisa menggunakan anggaran ini sebesar Rp200 ribu untuk membeli pulsa dan paket data guna memperlancar komunikasimu. Sisanya bisa untuk mentraktir makan siang teman-temanmu. Pastikan kamu mentraktir orang-orang yang lebih pandai atau lebih kaya darimu, atau mereka yang telah berperan membantu kariermu. Dengan begitu, kamu bisa mendapat kesan baik di mata mereka dan tetap menjalin hubungan yang baik. Kamu mungkin akan bilang ini pansos, tapi kenyataannya, kamu memang butuh membangun relasi yang baik untuk dirimu di masa depan dan itu dimulai dari sekarang.

15% (Rp600 ribu) untuk pengembangan diri

Lagi pendemi begini, tentunya kamu punya lebih banyak waktu di rumah. Mungkin juga tempat kerjamu masih menerapkan sistem WFH. Dan meskipun itu tidak kamu dapatkan, kamu tetap harus  mengisi waktu luangmu dengan kegiatan bermanfaat. Belilah buku-buku yang menunjang pengetahuanmu di bidang pekerjaanmu saat ini atau mimpi yang ingin kamu kejar, ikuti seminar, kursus, atau workshop. Selain bisa memperluas wawasan, kamu juga bisa mendapat teman-teman baru yang memiliki pandangan ke depan sepertimu. Teman-teman seperti ini adalah teman yang susah dicari.

10% (Rp400 ribu) untuk dana liburan

Memang, saat ini kondisi dunia belum kembali pulih. Namun kamu tetap harus punya anggaran untuk memberi perhargaan pada dirimu yang sudah bekerja keras selama ini. Saat nanti kondisi sudah kembali normal, minimal, kamu harus bisa jalan-jalan ke tempat yang kamu impikan sekali dalam setahun. Tak perlu liburan mewah, cukup ala backpacker karena tubuhmu masih kuat. Selain me-refresh pikiran, liburan ala backpacker juga bisa membuka mata mengenai dunia luar. Dana ini bisa kamu simpan dalam bentuk tabungan reksadana.

25% (Rp1 juta) untuk investasi

Berhentilah hidup borong dan selalu boncos. Kamu bisa memulai mempersiapkan cita-citamu untuk meraih kemerdekaan finasial dengan memulai investasi. Ada banyak manfaat yang akan kamu petik dari kebiasaan baik ini. Kamu ingin punya rumah, kendaraan impian, kuliah lagi, atau bahkan mempersiapkan dana pernikahan. Mulailah dari hal kecil, misalnya dengan membeli produk reksadana, emas, atau saham. Saat ini banyak sekali platform yang menyediakan kemudahan berinvestasi. Selama kamu sungguh punya niat untuk menggapai semua mimpimu tadi, semestinya kamu juga tidak punya alasan untuk menunda belajar dan memulai investasi pertamamu. Kamu bisa follow akun-akun yang kerap membagikan pengetahuan investasi di Instagram. Atau, kalau tidak keberatan, kamu juga ikuti saya di Instagram @setiawanchogah. Beberapa kali dalam seminggu, saya rutin meluangkan waktu untuk menulis microblog topik pengembangan diri dan tips seputar keuangan.

Selain tips tadi, pelan-pelan, belajarlah meminimalkan pengeluaran konsumtif seperti membeli pakaian dan sepatu, karena kamu bisa membelinya sampai puas sesudah kamu kaya nanti. Jelaskan juga tujuanmu pada orang-orang terkasihmu agar mereka bisa memahami dan mendukungmu.

Selama satu tahun, pertahankanlah kelima rasio tadi dan kamu akan mulai memiliki kelebihan uang. Walau kamu belum punya uang yang banyak, jangan terlalu perhitungan dan tetaplah berbagi dengan bersedekah. Jadilah orang yang bermanfaat bagi orang lain. Saat kamu kaya, juga jangan terlihat boros.

Mulailah merencanakan dari sekarang dan jangan takut menjadi miskin, karena kamu perlu belajar apa yang penting dan layak dijadikan investasi dalam hidupmu. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Advertisement
Baca Selengkapnya

Setiawan Chogah

CEO dezainin.com dan founder dezain.institute. Seorang microblogger yang kerap mengulas topik pengembangan diri dan tips keuangan di Instagram @setiawanchogah. Setiawan menulis untuk kanal keuangan dan investasi di bisnisbanten.com.