Banten24

Jangan Kalap Borong Buku Kalau ke Festival Hari Buku Nasional di Untirta, Diskonnya Sampai 90 Persen

BISNISBANTEN.COM — Akhirnya ada bazar buku murah lagi setelah pandemi. Buat kamu yang kangen belanja buku murah dan menikmati atmosfer pesta buku dan mendengarkan diskusi literasi, saatnya datang ke Festival Hari Buku Nasional (FHBN) 2021 di kampus Untirta di Sindangsari, Kabupaten Serang, Banten.

Di kegiatan yang digelar 26-30 Mei 2021 di Auditorium Untirta Serang ini menghadirkan buku-buku Rp10 ribu dan diskon dari 10-90 persen. Mulai dari buku anak-anak, remaja, dewasa, dan umum.

Advertisement

Bukan hanya buku fiksi seperti novel dan puisi, tapi juga buku dongeng, buku aktivitas anak, tes masuk sekolah dan perguruan tinggai, agama, dan banyak lagi. Ada juga spot stationery yang menjual tas dan perlengkapan sekolah.

Di area bazar buku terdiri dari stan-stan dan dua area display luas. Untuk stan diisi oleh Rumah Dunia, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Propinsi Banten, Rumah Baca Daligo, Forum Taman Baca Masyarakat Provinsi Banten, Untirta Press, dan banyak lagi. Ada juga stan Kimomu Ramen Serang.

 

Advertisement

Nah, buku-buku murah dan berdiskon ada di dua area display luas. Pada sisi kanan dinamai Kawasan Jawara Buku. Di sisi kiri ada zona kalap. Dua-duanya menghadirkan buku murah dan berdiskon sampai 90 persen.

Firman Venayaksa di atas panggung FHBN 2021 bertagline ‘Inspirasi Literasi dari Banten’ mengatakan, di FHBN 2021 diikuti 130 penerbit. Antara lain Gramedia, Grasiondo, Elexmedia Komputindo, BIP, M&C, KPG, Kompas Gramedia, Bumi Aksara, Balai Pustaka, Republika, Tisera, dan banyak lagi. Ada 600 judul buku dan sekitar 1.200 eksemplar buku yang disiapkan.

“Pada hari kedua (27 Mei 2021-red) ada sekitar 2.400 orang yang sudah berkunjung. Kami sangat bersyukur, di masa pandemi tetep bisa melakukan FHBN dan masih bergairah, walaupun harilus menaati protokol kesehatan,” kata pemimpin Untirta Press ini.

FHBN ini digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Setelah mengisi absen, pengunjung dapat meminta masker gratis jika tidak memakai masker. Di pintu masuk, ada pengecekan suhu dan pemberian hand sanitizer.

Di area display bazar buku, disediakan sarung tangan plastik. Ini untuk memberikan kenyamanan dan keamanan saat memegang buku. Di area bazar pun beberapa waktu, kerap ada petugas membawa papan peringatan untuk menjaga jarak. (hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.