Entertainment

Intip Aplikasi Hits yang dulu Sempat Berpengaruh Besar dalam Perkembangan Teknologi Fotografi

BISNISBANTEN.COM – Di era digital, aplikasi foto telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, memungkinkan kita untuk mengedit, menyimpan, dan membagikan momen berharga dengan mudah.

Beberapa aplikasi foto pernah mencapai puncak popularitas dan menjadi trendsetter di masanya. Berikut adalah beberapa aplikasi foto yang dulu pernah hits dan berpengaruh besar dalam perkembangan teknologi fotografi di smartphone:

1.Instagram

Advertisement

Tidak mungkin membicarakan aplikasi foto tanpa menyebut Instagram. Instagram dengan cepat menjadi populer karena bisa dipakai untuk foto dengan fitur filter yang mudah digunakan. Pengguna dapat dengan mudah mengambil foto, menerapkan filter, dan membagikannya ke followers mereka. Instagram juga mempopulerkan hashtag dan menjadi platform utama bagi influencer dan brand untuk berinteraksi dengan audiens mereka.

2. Snapchat

Snapchat, yang diluncurkan pada tahun 2011, membawa perubahan besar dalam cara kita berbagi foto dan video. Aplikasi ini memperkenalkan konsep “Stories” dan “Snaps” yang menghilang setelah beberapa waktu, menambahkan elemen yang membuat happy dalam berbagi momen. Filter wajah dan efek augmented reality (AR) yang inovatif membuat Snapchat menjadi aplikasi favorit di kalangan remaja dan anak muda.

3. VSCO

Advertisement

VSCO (Visual Supply Company) adalah aplikasi foto yang populer karena kemampuan editing fotonya yang profesional. Dikenal dengan preset filter yang berkualitas tinggi dan kontrol pengeditan manual yang mendetail, VSCO menjadi pilihan bagi para fotografer dan pengguna yang ingin mempercantik foto mereka tanpa terlalu banyak usaha. VSCO juga memiliki komunitas aktif di mana pengguna dapat membagikan karya mereka.

4. Prisma

Diluncurkan sekitar tahun 2016, Prisma langsung menarik perhatian karena menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mengubah foto menjadi karya seni yang menyerupai lukisan terkenal. Aplikasi ini menawarkan berbagai filter artistik yang unik dan menarik, membuat setiap foto tampak seperti karya seni digital. Popularitas Prisma memuncak karena kemampuannya yang luar biasa dalam transformasi foto.

5. Candy Camera

Candy Camera adalah aplikasi foto yang populer di kalangan pengguna yang gemar selfie. Dengan berbagai filter real-time yang dirancang khusus untuk selfie, serta fitur kecantikan seperti penghalusan kulit dan penambah kecerahan, Candy Camera menjadi aplikasi wajib bagi mereka yang ingin tampil sempurna dalam setiap foto.

6. Retrica

Retrica menawarkan pengalaman fotografi retro dengan berbagai filter vintage dan efek yang menawan. Dikenal dengan filter yang ramah dan beragam opsi kolase, Retrica memungkinkan pengguna untuk membuat foto yang unik dan menarik. Aplikasi ini menjadi hits terutama di kalangan pengguna muda yang mencari tampilan foto yang klasik namun stylish.

7. PicsArt

PicsArt menyediakan alat editing foto yang sangat lengkap, mulai dari filter, stiker, teks, hingga kolase. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menggambar langsung pada foto dan berkolaborasi dalam proyek kreatif. Dengan komunitas besar dan berbagai tantangan kreatif, PicsArt menjadi tempat yang populer untuk berekspresi dan berbagi kreativitas.

Meskipun beberapa aplikasi ini mungkin tidak lagi sepopuler dulu, mereka telah meninggalkan jejak yang mendalam dalam dunia fotografi digital dan terus menginspirasi inovasi baru. Apakah Anda masih menggunakan salah satu dari aplikasi itu? (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA