Ini yang Membuat Inflasi 2017 Terkendali Sebesar 0,71 Persen

- Advertisement -

BISNISBANTEN.COM —  Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Banten Rahmat Hernowo mengatakan, Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Desember 2017 cukup terkendali dan berada pada sasaran inflasi yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

“Pada Desember 2017, Infalsi Banten tercatat sebesar 0,71% (mtm) dan secara keseluruhan tahun 2017 mencapai 3,61% (yoy), yang berada dalam kisaran sasaran inflasi yang ditetapkan oleh BI yaitu sebesar 4±1% (yoy),” katanya, Kamis (4/1).

Dia mengatakan, inflasi 2017 bisa terkendali karena didorong oleh rendahnya inflasi inti yang tercatat 2,95% (yoy), sejalan dengan konsistensi kebijakan Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas nilai tukar dan mengarahkan ekspektasi inflasi.

“Kita patut mengapresiasi karena sasaran inflasi dapat terpenuhi dalam tiga tahun berturut-turut secara stabil,” ujarnya.

BI mencatat, inflasi juga dipengaruhi oleh rendahnya inflasi volatile food yang tercatat 0,71% (yoy) terendah dalam 14 tahun terakhir. Seiring terjaganya pasokan dan distribusi bahan pangan, serta terkendalinya dampak kenaikan berbagai tarif dalam inflasi administered prices yang tercatat 8,70% (yoy).

“Inflasi 2017 juga didukung oleh faktor positif permintaan dan penawaran, rendahnya tekanan dari eksternal, serta koordinasi kebijakan yang kuat antara BI dan pemerintah di pusat maupun daerah,” katanya.

Lebih lanjut, Rahmat menambahkan  Inflasi IHK pada Desember 2017 meningkat dibandingkan bulan lalu (0,20%, mtm) sesuai dengan pola musimannya. Inflasi Desember 2017 lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata inflasi Desember tiga tahun terakhir sebesar 1,28% (mtm).

“Meningkatnya inflasi bulan ini terutama dipengaruhi oleh inflasi kelompok volatile food dan kelompok administered prices di tengah rendahnya inflasi inti yang tercatat sebesar 0,13% (mtm), sama dengan bulan lalu.

“Perkembangan tersebut sejalan dengan terjangkarnya ekspektasi inflasi, masih rendahnya permintaan domestik, nilai tukar yang stabil dan rendahnya harga global, namun untu ke depan, inflasi diperkirakan kembali berada pada sasaran inflasi 2018, yaitu 3,5±1%. Koordinasi kebijakan antara Pemerintah, baik Pusat maupun Daerah, dan Bank Indonesia akan terus diperkuat dalam pengendalian inflasi,” tutupnya. (GAG/NUA)


Penulis : Wirda Garizahaque
Editor : Nurzahara Amalia

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

1,048FansSuka
854PengikutMengikuti
31PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles

Bank bjb Cetak Laba Rp1,2 Triliun

BISNISBANTEN.COM -- Berdasarkan ekspose dalam Analyst Meeting Triwulan III 2020, Bank bjb secara konsolidasi berhasil memperoleh laba bersih Rp1,2 triliun selama paruh...

Ini Laporan Kinerja BNI Kuartal 3-2020

BISNISBANTEN.COM -- Di Hingga akhir September 2020, total aset BNI tumbuh 12,5% year on year (yoy) terutama dikontribusi oleh pertumbuhan dana pihak ketiga...

Peduli Lingkungan, Bank Panin KCU Serang Tanam 100 Pohon Mangga

BISNISBANTEN.COM -- Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Bank Panin KCU Serang ikut berpartisipasi dalam sosial penanaman pohon yang berlangsung di Komplek Pesantren...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

BACA JUGA

ASTRA Tol Tangerang-Merak Gelar Kampanye Keselamatan 2020

BISNISBANTEN.COM -- Sebagai upaya untuk meningkatkan keselamatan di Jalan Tol, ASTRA Tol Tangerang-Merak menggelar Roadsafety Workshop. Ini sebagai bagian dari program Kampanye Keselamatan 2020 ASTRA...

Realisasi Penyaluran Dana PEN Bank bjb Lampaui Target

BISNISBANTEN.COM -- Penyaluran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dititipkan Kementerian Keuangan kepada Bank bjb rampung terealisasi. BUMD ini bahkan sanggup melampaui...
- Advertisement -
- Advertisement -