Info Bisnis

Ini Tujuh Kebijakan Yang Akan Ditempuh oleh Bank Indonesia Tahun 2019

BISNISBANTEN.COM – Tahun 2019 akan segera bergulir seiring akan berakhirnya tahun 2018. Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) telah merumuskan dan mempersiapkan 7 (tujuh) area kebijakan yang akan ditempuh untuk 2019. Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2018, Selasa, (27/11).

Ketujuh kebijakan itu diuraikan oleh Gubernur BI satu persatu, antara lain: Pertama, kebijakan moneter akan tetap difokuskan pada stabilitas, khususnya pengendalian inflasi sesuai sasaran 3,5+1% dan stabilitas nilai tukar Rupiah sesuai fundamentalnya. Stance kebijakan moneter yang pre-emptive dan ahead-the-curve akan dipertahankan pada tahun 2019.

Kedua, kebijakan makroprudensial yang akomodatif akan ditempuh untuk mendorong intermediasi perbankan dalam pembiayaan ekonomi termasuk untuk menjaga ketahanan sistem keuangan dengan memperkuat surveilans terhadap bank-bank besar dan korporasi yang sistemik.

Advertisement

Ketiga, kebijakan sistem pembayaran akan terus dikembangkan untuk kelancaran, efisiensi, dan keamanan transaksi pembayaran nontunai maupun tunai, termasuk dalam mendukung ekonomi dan keuangan digital.

Keempat, akselerasi pendalaman pasar keuangan terus didorong untuk mendukung efektivitas kebijakan Bank Indonesia dan pembiayaan ekonomi secara lebih luas serta terus berpartisipasi aktif dalam inovasi berbagai instrumen pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur ke depan.

Kelima, mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, baik melalui program-program Bank Indonesia maupun sebagai bagian program Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

Keenam, perluasan pengembangan UMKM dengan fokus pada pengendalian inflasi dan penurunan defisit transaksi berjalan. “Dan Ketujuh, kebijakan internasional diarahkan untuk memperkuat persepsi positif terhadap Indonesia dan berperan aktif dalam perumusan kebijakan di berbagai lembaga internasional,” pungkas Perry Warjiyo. (AHR)

Advertisement

 

Penulis : Ahmad Haris

Editor : Nurzahra Amalia

Advertisement
LANJUT BACA