MobilOtomotif

Ini Tips Memilih Mobil Pertama untuk Pasangan Baru

BISNISBANTEN.COM —  Meningkatnya mobilitas manusia di era modern seperti saat ini membuat moda transportasi semakin dibutuhkan, termasuk kendaraan pribadi. Bagi pasangan baru, memilih mobil pertama bukanlah hal yang sepele.

Sebab, banyaknya pilihan mobil di pasaran membuat tugas menantang bagi mereka untuk memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Untuk membantu pasangan baru dalam memilih mobil pertamanya, berikut ini adalah beberapa tips dari Roojai, penyedia asuransi online di Indonesia yang berizin resmi dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Advertisement

1. Tentukan Anggaran dengan Jelas

Sebelum memulai pencarian, tentukan anggaran yang dapat dikeluarkan untuk pembelian mobil.

Pahami batasan keuangan dan berkomunikasi dengan pasangan mengenai prioritas anggaran, baik itu pembelian tunai atau pembiayaan kredit.

2. Identifikasi Kebutuhan dan Gaya Hidup

Advertisement

Diskusikan bersama kebutuhan dan gaya hidup pasangan. Apakah mobil tersebut akan digunakan untuk perjalanan sehari-hari, liburan, atau mungkin petualangan off-road?

Pahami juga apakah akan digunakan untuk keluarga yang berkembang atau hanya untuk dua orang.

3. Ukuran dan Kapasitas yang Sesuai

Pertimbangkan ukuran mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Jika banyak melakukan perjalanan bersama, mungkin mobil sedan atau SUV dengan kapasitas penumpang yang cukup dapat menjadi pilihan.

Namun, jika hanya digunakan oleh dua orang, mungkin mobil hatchback atau coupe lebih sesuai.

4. Efisiensi Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan lingkungan, pertimbangkan efisiensi bahan bakar dan dampak lingkungan mobil yang akan dibeli.

Mobil dengan teknologi ramah lingkungan atau model hybrid dapat menjadi pilihan yang baik untuk mengurangi jejak karbon.

5. Periksa Fitur Keamanannya

Selain kenyamanan, keamanan adalah faktor utama dalam memilih mobil, terutama ketika melibatkan kehidupan bersama.

Pastikan mobil dilengkapi dengan fitur keamanan seperti rem anti-lock (ABS), airbag, kontrol stabilitas, dan fitur keamanan modern seperti peringatan tabrakan otomatis.

6. Cek Ketersediaan Suku Cadang dan Layanan Purna Jual

Pastikan merek dan model mobil yang dipilih memiliki dukungan purna jual yang baik, termasuk ketersediaan suku cadang dan jaringan bengkel yang mudah diakses.

Ini akan memudahkan dalam pemeliharaan dan layanan kendaraan di masa depan.

7. Uji Coba Berkendara

Sebelum memutuskan untuk membeli, lakukan uji coba berkendara. Rasakan kenyamanan, kemudahan pengendalian, dan performa mobil.

Uji coba berkendara akan memberikan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

8. Cek Riwayat Kendaraan yang Akan Dimiliki

Jika ingin membeli mobil bekas atau second, jangan ragu untuk memeriksa riwayat kendaraan mobil yang akan dibeli.

Pastikan mobil tersebut tidak pernah mengalami kecelakaan serius atau memiliki masalah mekanis yang kronis. Layanan cek kendaraan dapat membantu memastikan keaslian dan kesehatan mobil.

9. Beri Perhatian pada Desain dan Interior

Sesuaikan desain dan interior mobil dengan preferensi estetika dan kenyamanan. Pilih warna dan gaya yang sesuai dengan selera pasangan baru.

Jangan lupakan kenyamanan kursi, ruang penyimpanan, dan fitur hiburan dalam mobil.

10. Bicarakan Rencana Masa Depan Bersama

Pertimbangkan juga rencana masa depan pasangan, termasuk keluarga yang mungkin berkembang. Pilihlah mobil dengan fleksibilitas dan kapasitas yang memadai untuk masa depan.

11. Lengkapi dengan Asuransi Mobil

Hal lain yang tak kalah penting dilakukan adalah memberikan proteksi terbaik dengan asuransi mobil. Salah satu platform terbaik untuk membeli proteksi mobil adalah di Roojai.co.id.

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com