Mobil

Ini Tips Auto2000 Supaya Mobil dalam Kondisi Prima Perjalanan Jadi Nyaman dan Aman

BISNISBANTEN.COM — AutoFamily di pekan keempat Mei 2024 ini berkesempatan lagi lho untuk bisa liburan bersama keluarga. Iya pasalnya berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terdapat libur cuti bersama di Hari Raya Waisak mulai tanggal 23-24 Mei 2024.

Nah salah satu pilihan tripnya yang menarik yaitu ke Festival Lampion Waisak di Borobudur. Tentu ini bisa jadi pengalaman seru buat AutoFamily, bukan hanya bisa rekreasi tapi juga dapat mengabadikan momen menarik dalam perayaan tersebut.

Hanya saja, AutoFamily jangan asal pergi tanpa persiapan karena perjalanan dapat berantakan hanya karena masalah sepele. Bila melihat bantuan peta digital, jarak Jakarta-Borobudur tidak bisa dibilang pendek yaitu mencapai 536,4 Km. Butuh persiapan yang sangat baik, mulai dari kondisi tubuh pengemudi hingga kondisi mobil.

Advertisement

“AutoFamily jangan sampai hanya terbawa antusiasme menjelang libur panjang saja, tapi juga harus ingat  ada yang perlu diperhatikan sebelum menjalani trip panjang ke Borobudur. Tak hanya dari sisi kebugaran tubuh tapi juga kondisi kendaraannya supaya perjalanan aman dan nyaman,” terang Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000, Senin (20/5/2024).

1. Perhitungkan Budget

Sebelum perjalanan, AutoFamily wajib mencari informasi mengenai biaya operasional mulai dari kebutuhan bahan bakar, mengisi uang  elektronik untuk tol, uang dengan nominal kecil untuk parkir, sampai tempat menginap yang sesuai budget, tapi punya fasilitas yang memadai untuk santai sejenak.

2. Cari Hotel Sesuai Kebutuhan

Advertisement

Umumnya ketika perjalanan trip, kita jarang menikmati waktu di hotel tapi waktu lebih banyak dihabiskan di jalan, berbeda dengan staycation. Apakah itu untuk kuliner, mengunjungi tempat wisata atau ke acara Festival Lampion Waisak misalnya. Saat ini banyak hotel menawarkan paket keluarga dengan promo memikat. Biasanya pula ada hotel yang memiliki paket jalan-jalan keliling lingkungan hotel yang memberikan pengalaman mengesankan.

3. Buat Itenerary Perjalanan

AutoFamily akan menginap dalam waktu singkat 2 atau 3 malam di masa libur hari kejepit nasional (harpitnas) nanti. Oleh sebab itu, persiapkan rencana kegiatan dengan baik supaya liburan bisa berjalan nyaman dan tanpa kendala. Hitung pula waktu perjalanan berangkat dan pulang apalagi menempuh jarak lebih dari 500 km sampai ke Borobudur.

Jangan juga terlalu memaksakan diri untuk lekas sampai ke lokasi, dan pertimbangkan untuk melakukan istirahat secara berkala saat berangkat dan juga pulang. Minimal 2 jam sekali bisa berhenti di rest area terdekat.

Banyak sekali sebenarnya momen seru dari Festival Lampion Waisak di Borobudur, baik itu bagi yang merayakan maupun para wisatawan,  mulai dari nuansa spiritual Hari Raya Keagamaan kaum Buddha, sampai momen Indah saat ribuan lampion diterbangkan ke udara saat malam hari. Menarik bukan?

4. Persiapkan Kendaraan

Karena lokasi liburan cukup jauh, lakukan pemeriksaan beberapa komponen penting mobil, supaya  tidak terjadi kendala di jalan. Mulai dari cek cairan radiator yang jangan sampai habis, karena mesin mobil AutoFamily bisa jebol karena overheat. Periksa juga tabung reservoir radiator dan isi hingga batas atas.

Pastikan pula volume oli mesin sesuai takaran dengan mengeceknya via tongkat pengukur ketinggian oli mesin alias dipstick. Perhatikan ketinggian tabung penyimpan cairan rem, kalau berkurang segera tambah. Pastikan pula warnanya tidak keruh dan tidak ada kebocoran di saluran rem.

Lalu penting juga untuk memeriksa air pembersih kaca, yang fungsinya tidak bisa disepelekan. Pastikan cairan wiper selalu ada agar tidak menyulitkan ketika hujan.

Sekarang banyak dipakai aki maintenance free (MF) yang masih mengandalkan air aki namun sistemnya dibuat tertutup sehingga volume air aki tidak berkurang. Tapi, ada indikator yang harus AutoFamily perhatikan agar aki MF tetap aman. Untuk mobil dengan power steering hidraulis, pastikan cairannya cukup dan tidak ada kebocoran.

Jangan pernah sepelekan tugas AC saat mobil dibawa berlibur. Pastikan komponennya dalam kondisi prima dan freon tidak bocor atau kurang. Periksa pula tekanan udara ban sesuai rekomendasi Toyota sembari pemeriksaan ringan kondisi fisik ban dan pelek. Jangan lupa periksa ban serep supaya siap bertugas ketika dibutuhkan.

Perhatikan kaki-kaki mobil dari risiko adanya rembesan oli, dan gerakkan untuk melihat adanya potensi masalah. Cek sokbreker dari potensi kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang ada di sekitarnya dari kemungkinan getas dan robek.

Urusan Toyota lebih mudah, AutoFamily tidak perlu repot melakukan pengecekan sendiri, tinggal bawa saja ke bengkel resmi Auto2000 terdekat untuk melakukan servis berkala atau bisa juga order layanan THS – Auto2000 Home Service sebelum bepergian.

“Silakan order servis berkala lewat website Auto2000.co.id, serta manfaatkan peluang membawa pulang 1 dari 200 sepeda motor Honda BeAT. Termasuk perbaikan bodi mobil di fasilitas Body & Paint Auto2000 dengan minimal transaksi Rp 3 juta untuk transaksi di BP Auto2000,” tutup Nur Imansyah Tara. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com