Inspirasi

Ini Dia Raziq, Pelajar yang Mendapat Beasiswa di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir

BISNISBANTEN.COM – Lagi-lagi Kota Cilegon dibuat bangga oleh pelajar. Pelajar tersebut adalah Muhammad Raziq Raihan.

Pelajar yang kerap dipanggil Raihan dan Raziq ini mendapatkan beasiswa kuliah di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Salah satu kampus bergengsi di dunia yang sudah berdiri sejak 970 M.

Ketika lulus Sekolah Dasar (SD), ia bercerita sangat senang saat mendengar nama Universitas Al-Azhar dan sejak saat itulah ia memiliki niatan untuk masuk ke universitas bergengsi tersebut.

Advertisement

Untuk bisa lolos seleksi ini, Raziq mengatakan, ia memfokuskan belajar bahasa Arab.

“Untuk pelajaran untuk bisa lolos sih pastinya bahasa Arab yang dikuatin karena kan ujian lisan/tulisannya juga pake bahasa Arab, dan lebih mendalami nahwu sharafnya juga sih sama kosa kata bahasa Arabnya,” ujarnya, Selasa (25/10/2022)

Raziq Raihan lulusan dari sekolah MAS Al-Inayah dan pondok pesantren BANY SAFI’I.

Raziq menceritakan, setelah lulus dari sekolah dan pondok, ia sempat mengikuti dauroh untuk persiapan ujian seleksi Kemenag di @dauroh_eldarosah di Ciomas.

Advertisement

Namun Raziq mengatakan, ada dua macam peserta yang lolos dalam seleksi ini, yaitu beasiswa dan nonbeasiswa.

“Sebenarnya saya mengikuti seleksi ujian Al-Azhar dari Kemenag itu ada yang dapat beasiswa dan nonbeasiswa, kebetulan saya dapat yang nonbeasiswa jadi saya mengajukan untuk beasiswa dari Pemkot Cilegon,” jelasnya.

Seleksi ini dilakukan melalui via zoom yang diikuti 1.200 peserta dan hanya kurang lebih 730 peserta yang lolos tahap seleksi. Tidak sedikit juga loh peserta dari Banten yang lolos seleksi ini, termasuk Raziq. Keren sekali ya.

Untuk sampai dititik ini, Raziq mengatakan tipsnya adalah menguatkan niat dan terus semangat.

“Tipsnya sih kuatkan niatnya dan terus bersemangat, yang paling utama bertawakal kepada Allah, doa semoga dipermudah,” imbuh Raziq.

Dan pemberangkatan ke Kairo, Mesir sendiri akan dilaksanakan paling cepat pada awal 2023. (Dhori)

Advertisement
LANJUT BACA