Lifestyle

Hindari Mengunyah Makanan dengan Tergesa-gesa Jika Tak Ingin Hal Ini Terjadi

BISNISBANTEN.COM – Makan tergesa-gesa adalah kebiasaan yang sering diabaikan, hal tesebut memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan kita.

Banyak orang, terutama yang memiliki jadwal padat, sering kali makan dengan cepat tanpa menyadari konsekuensinya.

Berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari makan tergesa-gesa dan alasan mengapa kita perlu mengunyah makanan dengan lebih perlahan.

Advertisement

1. Gangguan Pencernaan

Makan tergesa-gesa dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan seperti perut kembung, gas berlebih, dan sakit perut.

Ketika kita makan terlalu cepat, makanan tidak dikunyah dengan cukup baik, sehingga perut harus bekerja lebih keras untuk mencernanya. Ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah pencernaan jangka panjang.

2. Peningkatan Risiko Obesitas

Advertisement

Makan dengan cepat dapat mengganggu mekanisme alami tubuh yang mengatur rasa kenyang. Dibutuhkan sekitar 20 menit bagi otak untuk menerima sinyal dari perut bahwa kita sudah kenyang.

Makan terlalu cepat dapat menyebabkan kita mengonsumsi lebih banyak kalori sebelum otak sempat merasakan kenyang, yang berkontribusi pada peningkatan berat badan dan risiko obesitas.

3. Kehilangan Kenikmatan Makanan

Makan adalah salah satu kegiatan yang seharusnya dinikmati. Ketika kita makan tergesa-gesa, kita cenderung melewatkan kenikmatan dari rasa, tekstur, dan aroma makanan. Mengunyah perlahan memungkinkan kita untuk lebih menikmati makanan dan mengapresiasi proses makan.

4. Tersedak

Makan terlalu cepat meningkatkan risiko tersedak. Makanan yang tidak dikunyah dengan baik bisa tersangkut di tenggorokan, menyebabkan tersedak yang berpotensi berbahaya. Mengunyah dengan perlahan dan benar dapat mengurangi risiko ini.

5. Stres dan Kecemasan

Makan dengan cepat sering kali terjadi dalam situasi yang penuh stres atau ketika kita terburu-buru. Ini bisa memperburuk perasaan stres dan kecemasan, menciptakan lingkaran setan di mana kita merasa lebih terburu-buru dan cemas setiap kali makan.

6. Penyerapan Nutrisi yang Buruk

Mengunyah makanan dengan baik adalah langkah pertama dalam proses pencernaan. Ketika makanan tidak dikunyah dengan baik, enzim pencernaan di mulut dan perut tidak dapat bekerja secara optimal, sehingga penyerapan nutrisi menjadi kurang efektif. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting bagi tubuh.

Cara Menghindari Kebiasaan Makan Tergesa-gesa

1. Luangkan Waktu untuk Makan

Cobalah untuk meluangkan waktu yang cukup untuk makan, setidaknya 20-30 menit untuk setiap kali makan. Hindari makan sambil melakukan aktivitas lain seperti bekerja atau menonton televisi.

2. Kunyah Makanan dengan Baik

Pastikan untuk mengunyah setiap suapan makanan setidaknya 20-30 kali sebelum menelannya. Ini membantu pencernaan dan memastikan makanan lebih mudah dicerna oleh perut.

3. Nikmati Proses Makan

Fokuslah pada makanan Anda. Perhatikan rasa, tekstur, dan aroma makanan. Nikmati setiap suapan dan coba untuk tidak terburu-buru.

4. Hindari Makan dalam Keadaan Stres

Usahakan untuk makan dalam keadaan tenang dan rileks. Jika Anda merasa stres atau terburu-buru, cobalah untuk menenangkan diri terlebih dahulu sebelum mulai makan.

5. Portion Control

Ambil porsi yang lebih kecil dan makan secara perlahan. Anda bisa selalu menambah porsi jika masih lapar, tetapi cobalah untuk tidak langsung mengambil porsi besar sekaligus.

Makan tergesa-gesa memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan kita, mulai dari gangguan pencernaan hingga peningkatan risiko obesitas.

Kebiasaan makan yang baik adalah investasi jangka panjang bagi kesehatan kita. Jadi, mari mulai mengunyah perlahan dan nikmati proses makan sebagai bagian penting dari gaya hidup sehat. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA