Info BisnisPerbankan

Hari Ini BI Banten dan Puluhan Perbankan Resmi Gelar Kampanye GPN di Cilegon

BISNISBANTEN.COM — KPw Bank Indonesia Provinsi Banten, hari ini resmi menggelar kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) bersama puluhan perbankan dan masyarakat Kota Cilegon, di Alun-Alun Kota Cilegon, Sabtu (15/9).

Acara yang juga diawali dengan senam bersama dan hiburan lainnya ini, mewarnai kampanye yang digagas BI untuk meningkatkan transaksi non tunai di Indonesia.

“Dengan hadirnya GPN, masyarakat lebih mudah bertransaksi secara non tunai dimanapun, tanpa harus memikirkan biaya menggunakan mesin ATM maupun EDC dengan biaya yang jauh lebih murah,” kata Kepala KPw BI Provinsi Banten, Rahmat Hernowo.

Advertisement

Rahmat menegaskan, kampanye yang akan dimulai 15 – 21 September mendatang ini rencananya akan mulai dibuka pada pukul 15.00 WIB secara khusus oleh Wakil Gubernur Banten, Andhika Hazrumy.

Rahmat menambahkan, Bank Indonesia secara Nasional menargetkan hingga akhir tahun 30 persen kartu debit berlogo GPN sudah tersebar di masyarakat. Mengingat akan komitmen yang telah disepakati oleh masing-masing perbankan.

“Secara keseluruhan di Banten, memang belum semua perbankan siap, namun progress mereka saat ini masih secara bertahap melakukan pencetakan kartu, yang kami berikan target 70 kartu perhari,” tambahnya.

Advertisement

Menurut data yang dihimpun Bank Indonesia, dari 100 penyelenggara jasa pembayaran, terdapat 90 perbankan sudah diberi izin untuk menggunakan kartu debit berlogo GPN.

“Saat ini, sudah 442 ribu kartu berlogo GPN tersebut di seluruh Indonesia, dan Banten ini merupakan gelombang ke tiga dari 8 Provinsi yang telah melakukan kampanye GPN,” tutupnya. (GAG/NUA).

 

Penulis : Wirda Garizahaq

Editor : Nurzahra Amalia

Advertisement
LANJUT BACA