Ekonomi

Hadiah Kemerdekaan RI ke-77, PLN Sambung Pasang Baru Listrik Gratis di Banten

BISNISBANTEN.COM — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui PT PLN (Persero) menyalurkan bantuan dari program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di Provinsi Banten.

Program ini diperuntukkan bagi rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah Terdepan, Terpencil, Tertinggal (3T) dan/atau memenuhi kriteria sebagai calon penerima BPBL yang divalidasi oleh kepada desa/lurah atau pejabat yang setara.

Program ini mengacu pada Peraturan Menteri ESDM No. 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu. Program ini dilaksanakan menggunakan pendanaan APBN tahun 2022 dan akan menyasar 80.000 rumah tangga tidak mampu belum berlistrik di seluruh Indonesia. Di Banten tercatat sebanyak 2.240 rumah tangga pra sejahtera yang menjadi sasaran penerima bantuan.

Advertisement

Inspektur Ketenagalistrikan Madya, Ditjen Ketenagalistrikan KESDM, Wahid Pinto Nugroho menuturkan, dalam program BPBL, pemerintah akan membantu pembiayaan pemasangan instalasi listrik rumah, biaya Sertifikasi Laik Operasi (SLO), Biaya Penyambungan Baru (BP) serta pengisian token listrik perdana.

“Program BPBL ini menggunakan APBN Tahun Anggaran 2022, merupakan bukti negara hadir untuk memberikan akses listrik yang andal, aman dan mampu mendapatkan akses listrik yang bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat,” terang Wahid.

Senada dengan itu Pelaksana Harian General Manager PLN Unit Induk Distribusi Banten Ricky Cahya Andrian mengatakan program BPBL ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mensejahterakan rakyat dalam rangka HUT RI ke-77. Secara bertahap, nantinya sebanyak 2.240 keluarga pra sejahtera yang tersebar di Provinsi Banten akan mendapat bantuan pasang baru listrik gratis secara bertahap hingga Oktober 2022.

“PLN siap mendukung pemerintah untuk menghadirkan listrik bagi seluruh masyarakat demi mewujudkan keadilan energi khususnya masyarakat pra sejahtera. Melalui PLN Pemerintah hadir  memenuhi kebutuhan listrik sambungan baru daya 450 VA. Semoga dengan adanya bantuan pasang baru listrik ini mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat,” ungkap Ricky.

Nenek Samol salah satu warga Kelurahan Pakojan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, merasa gembira menerima program BPBL Pemerintah. Ungkapan rasa haru dan bahagia disampaikan Suganda salah satu Putra Nenek Samol menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan Pemerintah yang telah diterima.

“Karena Keterbatasan Ibu kami, ijinkan Saya mewakili Bu Samol yang alhamdullilah usianya tahun ini 115 tahun menyampaikan banyak rasa syukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Kementerian ESDM, juga kepada PLN. Alhamdullilah Ibu saya mendapatkan bantuan Pemerintah untuk program listrik gratis. Berkat bantuan Pemerintah ini rumah Ibu saya sekarang terang  dan nyaman karena sudah memiliki listrik sendiri. Terima kasih, sekali lagi terima kasih,” tutur Suganda. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com