Syariah

Guru Ngaji Hingga Pemandi Jenazah Dapat Intensif, Baznas Kabupaten Serang: Mayoritas Dana dari ASN

 

BISNISBANTEN.COM – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang mengakui, mayoritas dana zakat  yang disalurkan kepada guru ngaji, guru madrasah, dan pemandi jenazah berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Serang.

Hal itu diungkapkan Ketua Baznas Kabupaten Serang Wardi Muslich dalam memberikan sambutan dalam acara Pendistribusian Honor Guru Ngaji, Madrasah dan Pemandi Jenazah, di Tenis Indoor Kabupaten Serang, Kamis (2/8).

Advertisement

Ia menjelaskan, pendistribusian honor guru ngaji dan madrasah dibutuhkan dana Rp1,13 miliar yang disalurkan kepada sekira 2.784 guru ngaji dan guru madrasah dengan masing-masing menerima Rp400 ribu.

“Untuk pengumpulan dananya, kami menunggu waktu dua bulan hasil setoran Zakat, Infak, dan Sedekah dari ASN Pemkab Serang,” ungkapnya.

Selain itu, Wardi mengaku pendistribusian dana bantuan Pemandi jenazah berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang yang dihibahkan untuk Baznas dan menyalurkannya kepada 580 pemandi jenazah se-Kabupaten Serang. “Satu kecamatan ada 20 pemandi jenazah, dan per orang mendapatkan bantuan Rp700 ribu,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengimbau kepada camat untuk surut serta menyosialisasikan pengumpulan ZIS agar pendapatan Baznas Kabupaten Serang bisa sesuai target. Sehingga, berdampak program Kabupaten Serang yang akan dibantu melalui program Baznas.

Advertisement

“Tahun ini dana di Baznas baru kumpul Rp5 miliar, jadi kurang Rp6,3 miliar. Ayo kita bantu dengan optimalkan zakat di Baznas Kabupaten Serang,” ajaknya. (SYF/NUA)

Penulis : Syfa Fauziah
Editor : Nurzahara Amalia

 

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com