InspirasiYoungpreneur

Entrepreneur Masuk dalam Kategori Jajaran Zetizen Icon Banten 2021

BISNISBANTEN.COM — Pada perhelatan tahunan Zetizen Banten yakni pemilihan Zetizen Icon, banyak kategori baru yang dimunculkan. Antara lain Zetizen Icon Entrepreneur. Semangat generasi muda dalam mandiri secara finansial ini diapresiasi Zetizen sebagai hal positif.

Pemilihan Zetizen Icon tahun ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Memasuki tahun kelima, Zetizen Icon yang digelar sejak 2017 ini meniadakan audisi yang diprediksi mengundang kerumunan. Setiap tahun para peserta audisi mencapai 200-400 peserta usia 13-20 tahun.

“Tahun ini para icon Zetizen dipilih dari Zetizen Banten Squad atau anggota Zetizen Banten, mereka adalah anak-anak muda yang tergabung di Zetizen Banten setelah mengikuti pemilihan Zetizen Icon, Alpha Zetizen, Zetizen Banten Short Story, Zetizen Banten Pesantren Jurnalistik, Zetizen Banten Tiktokers, Zetizen Banten Fashionista, bahkan tim Zetizen Banten di Bintang Sains,” tutur Luqyana Anjaryava, Ketua Pelaksana Penobatan Zetizen Icon 2021 dan Anniversary Zetizen Banten ke-5 ini.

Advertisement

Selain mengganti sistem audisi dengan seleksi internal anggota Zetizen Banten Squad, prosesi penobatan Zetizen Icon 2021 pada 7 Maret 2021 di auditorium Rumah Dunia, Kota Serang ini pun hanya dihadiri Zetizen Banten Squad. Kegiatan yang berlangsung 09.00-13.00 WIB menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, untuk jumlah icon Zetizen dibandingkan tahun lalu yakni 21 orang, Zetizen Icon terpilih tahun ini hanya 10 orang. Beberapa kategori dimunculkan. Yakni Zetizen Icon Entrepreneur diberikan kepada Sepiani yang sebelumnya Zetizen Banten Fashionista 2020. Zetizen Icon Pendidikan diserahkan kepada Sri Ratih Harmanti yang sebelumnya Alpha Zetizen Banten 2017. Zetizen Banten Tiktokers diserahkan kepada Isda Purnama Sari yang sebelumnya Zetizen Icon 2018.

Kategori lain yang baru yakni Zetizen Icon Environment diserahkan kepada Irfan Anshori yang sebelumnya Zetizen Banten Short Story 2018. Zetizen Icon Jurnalistik diserahkan Ade Jagoan yang baru bergabung di squad.

Kategori yang masih dipertahankan di tahun yakni Zetizen Icon Social Media, diserahkan kepada Anur Najiah yang sebelumnya Zetizen Banten Tiktokers 2020. Zetizen Icon Berbakat diserahkan kepada Xeno Rahman, yang baru bergabung di squad. Zetizen Icon Philantrophy diserahkan pada Nabhan Raid Fadhu Rahman yang sebelumnya Tim Zetizen Bintang Sains.

Advertisement

Untuk oemenang yakni Zetizen Icon Boy 2021 adalah Rifki Kusuma Wardhana dan Zetizen Icon Girl 2021 adalah Hani Nur Rizka. Sebelumnya, keduanya adalah Zetizen Icon 2020.

“Kategori icon yang tidak ada di tahun ini adalah, Persahabatan, Photogenic, Favorit, Traveller, dan Literasi. Penggantian kategori ini berdasarkan kondisi dan penyesuaian saat pandemi,’ jelas Tubagus Afendi, Ketua Zetizen Banten Squad.

Zetizen Icon Favorit 2017 ini menjelaskan, kategori entrepreneur ini dimunculkan sebagai apresiasi dan dukungan kepada generasi muda dalam berwirausaha. Masa pandemi banyak yang di-PHK, pengangguran merajalela. Dan kemandirian finansial di kalangan generasi Z bisa menjadi salah satu solusi.

“Dan di Zetizen Banten pun ada banyak yang berwirausaha, salah satunya Sepia ini yang mulai berjualan seblak saat pandemi,” kata Tebe yang juga Alpha Zetizen Banten 2017.

Sepiani membuka usaha seblak dibantu keluarga. Ide usaha seblak ini muncul karena belajar daring dan Sepia memiliki banyak waktu luang.

Sepiani, Zetizen Icon Entrepreneur 2021.

“Akhirnya, daripada banyak waktu luang mending berjualan,” tutur siswi SMAN 5 Kota Serang ini. (hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.