Ekonomi

Diskon Tambah Daya Listrik Masih Berlaku Hingga 31 Mei 2021

BISNISBANTEN.COM — Hingga 31 Mei 2021, masyarakat Banten masih dapat menikmati promo tambah daya listrik dari PLN. Adapun promo yang ditawarkan adalah program Ramadhan Peduli dan Ramadhan Berkah.

Hal ini disampaikan oleh Senior Manager Niaga PT PLN (Persero) UID Banten, Donny Adriansyah, “PLN masih memberikan promo bagi masyarakat Banten yang ingin melakukan tambah daya. Ada dua program yang ditawarkan yaitu Program Ramadhan Peduli dan juga Ramadhan Berkah,”

Program Ramadhan Berkah diperuntukan bagi pelanggan sosial khusus rumah ibadah dengan daya 450 VA sampai 7700 VA, bisa mendapatkan promo penyambungan tambah daya menjadi 2200 VA sampai dengan 11.000 VA dengan hanya membayar Rp 150.000.

Advertisement

“Promo Ramadhan Berkah ini tidak hanya berlaku bagi masjid saja, namun seluruh rumah ibadah seperti gereja, pura, vihara, dan sebagainya, dapat memanfaatkan program ini. Dengan ketentuan tarif dayanya adalah daya sosial 450 VA – 7700 VA,” ungkapnya.

Sementara Program Ramadhan Peduli diperuntukan bagi pelanggan rumah tangga daya 450 VA sampai dengan 7700 VA dengan hanya membayar Rp202.100. Namun, keringanan tambah daya tersebut baru didapatkan jika pelanggan membeli e-voucher Renewable Energy Certificate (REC) seharga Rp115.000, sehingga total biaya yang dikeluarkan untuk program Ramadhan Peduli adalah Rp317.600. Jumlah ini lebih murah karena untuk tambah daya harga normal dari daya 900 VA ke 2200 VA biasanya mencapai Rp1,1 juta.

Tujuan dari pembelian REC ini adalah bentuk dukungan dari masyarakat untuk mengembangkan Renewable Energy di Indonesia. Selain itu masyarakat juga telah berkontribusi dalam aksi sosial penyambungan listrik bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Layanan REC ini hadir untuk memenuhi keinginan masyarakat atas pengakuan dalam penggunaan energi listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik renewable energy milik PLN. Dengan ini pelanggan PLN dapat mendukung REC sekaligus membantu masyarakat yang belum teraliri listrik, khususnya bagi masyarakat di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar),” ujarnya.

Advertisement

“Sebagian hasil penjualan akan digunakan untuk diinvestasikan kembali pada energi terbarukan, dan sebagian lagi untuk membantu masyarakat kurang mampu yang akan diberikan penyambungan listrik secara gratis,” lanjutnya.

Untuk mendaftar program Ramadhan Peduli, pelanggan PLN dapat mengikuti mekanisme sebagai berikut:
1. Konsumen mengajukan permohonan layanan Ramadhan Peduli dengan melakukan pembelian REC melalui www.layanan.pln.co.id atau aplikasi mobile PLN
2. Konsumen yang sudah melakukan pembelian REC, akan menerima nomor registrasi pembayaran melalui email atau pesan teks yang terdaftar.
3. Setelah pembayaran terkonfirmasi berhasil, konsumen akan menerima e-Voucher keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya dan apresiasi direksi atas keikutsertaan dalam produk layanan Ramadhan Peduli.
4. Pada saat permohonan, konsumen akan diminta untuk menginputkan kode unik yang diperoleh.
5. Selanjutnya dapat melanjutkan ke proses pembayaran melalui fasilitas perbankan atau Payment Point Online Bank (PPOB) yang tersedia.
6. Setelah pembayaran terkonfirmasi berhasil, selanjutnya petugas PLN akan segera menindaklajuti. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com