Banten24Bisnis Banten

Direktur AHA Centre: Wilayah ASEAN Rentan Bencana Alam

BISNISBANTEN.COM – Direktur Eksekutif ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on disaster management (AHA Centre), Adelina Kamal menuturkan, Wilayah ASEAN bisa dikategorikan sebagai salah satu kawasan yang rentan bencana.

Hal tersebut diungkapkannya saat acara Asean Regional Disaster Emergency Response Simulation Exercise (Ardex) yang ke tujuh, di Hotel the Royal Krakatau Cilegon, Senin (5/11). Meskipun demikian, lanjut Adelina Kamal, pengalaman bertahun-tahun menghadapi bencana alam juga dapat membangun kekuatan dan kesiapsiagaan bersama.

Bencana, katanya, umumnya bisa memengaruhi siapapun tanpa melihat latar belakang profesi atau kewarganegaraan, dengan memahami dan melatih mekanisme kerjasama internasional untuk manajemen bencana yang sudah ada.

Advertisement

“Kita sudah selangkah lebih dekat mewujudkan Asean yang tangguh, Ardex membantu setiap peserta untuk mengeksplorasi dan mengakui kapasitas masing-masing negara ASEAN, saat berhadapan dengan kondisi sesungguhnya,” pungkasnya. (AHR/NUA)

Penulis : Ahmad Haris
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com