Banten24

Dindikbud Gelar Pelatihan Penggunaan Aplikasi Bidang Pendidikan untuk Guru SMA se Provinsi Banten

BISNISBANTEN.COM Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten melalui UPTD Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (TIKPK) mengadakan “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Bidang Pendidikan” untuk guru tingkat SMA se-Provinsi Banten. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 5-8 Maret 2024.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Sekretaris Dindikbud Provinsi Banten, Lukman, Kepala UPTD TIKPK Suryadi.

Dalam sambutanya, Sekretaris Dindikbud Provinsi Banten, Lukman mengatakan, di era digitalisasi pendidikan yang terus berkembang, dimana pelatihan pembelajaran dengan Canva for Education diadakan untuk memberikan wawasan mendalam tentang penggunaan platform kreatif ini dalam menciptakan materi pembelajaran yang inovatif.

Advertisement

“Pada acara ini dinas juga memberikan pemahaman yang mendalam tentang perubahan paradigma dalam pembelajaran, di mana kreativitas dan teknologi menjadi aspek kunci,” kata Lukman, Selasa (5/3/2024).

Lukman juga menggaris bawahi pentingnya menciptakan materi pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga menarik perhatian siswa.

“Pengalaman dan wawasannya dalam mengimplementasikan Canva for Education dalam proses pembelajaran. Beliau menyoroti fitur-fitur khusus yang membedakan Canva for Education dari versi umumnya, dengan penekanan pada kolaborasi yang ditingkatkan antara guru dan siswa,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjur Lukman, para guru diharuskan melakukan praktik langsung, di mana narasumber memberikan panduan langkah demi langkah dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva for Education.

Advertisement

“Peserta diajak untuk merancang presentasi, infografis, dan materi pembelajaran interaktif. Dalam sesi tanya jawab, narasumber memberikan tips dan trik tambahan, serta berbagi inspirasi tentang bagaimana Canva for Education dapat dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan kurikulum dan menghasilkan hasil yang maksimal,” tuturnya.

“Pelatihan ini adalah langkah awal yang positif menuju pemanfaatan teknologi dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih berkesan. Dengan Canva for Education, kita tidak hanya mengajar, tetapi juga menciptakan momen edukatif yang membekas di pikiran siswa,” sambungnya.

Pihaknya juga berharap pelatihan ini akan menjadi titik awal bagi pendidik untuk lebih aktif menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran mereka, sekaligus merangsang kreativitas dan inovasi dalam menciptakan media pembelajaran yang mendidik dan menghibur. (ADV)

Advertisement
LANJUT BACA