Info BisnisKeuanganUMKM

Digandeng Bank Banten, Jamkrida Tambah Jaminan

BISNISBANTEN.COM — PT Jamkrida Banten terus mengupayakan kesejahteraan para pelaku Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM) Provinsi Banten. Terbukti dengan adanya rencana kerja sama dengan PT Bank Pembangunan Derah Banten, Tbk (Bank Banten). Tidak lama lagi, kedua BUMD Provinsi Banten ini akan mengeluarkan fasilitas kredit bagi masyarakat Banten.

Direktur Utama PT Jamkrida Banten Hendra Indra Rachman mengatakan,  pemberdayaan UMKM harus disokong oleh adanya sinergitas antara pemerintah dan BUMD.

“Sudah seharusnya Bank Banten menggandeng dan menjadikan Jamkrida Banten sebagai mitra utama. Karena tujuan akhirnya kan sama-sama membangun Banten,” katanya, saat dihubungi, Selasa (1/8).

Advertisement

Menurutnya, saat ini, PT Jamkrida juga mempersiapkan berbagai persiapan mulai dari kekuatan SDM, peningkatan pelayanan dan menambah jenis penjaminan. Saat ini,  kredit yang berjalan antara lain Penjaminan Bidang Kredit Konsumtif, Penjaminan Kontra Bank Garansi, dan Penjaminan Kredit Konstruksi. “Selanjutnya, yang baru adalah Penjaminan Kredit Produktif untuk UMKM. Ini yang rencananya sebesar Rp300miliar, kita juga sudah siap,” jelasnya.

Perlu diketahui, Direktur Bisnis PT Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk (Bank Banten), Jaja Jarkasih, menuturkan, Bank Banten akan menambah fasilitas kredit yang diberi nama Bangun Banten. Produk ini yang lebih memfokuskan untuk membidik UMKM yang terdapat di Provinsi Banten.

“Tidak hanya ASN dan komersial.  Kami juga akan membidik bagi para pelaku UMKM di seluruh Kab/Kota di Banten dan hanya untuk Provinsi Banten saja,” katanya, Sabtu (29/7).

Program Bangun Banten sendiri, terdiri dari tiga macam yakni Bangun Banten Tunas, Bangun Banyen Mandiri dan Bangun Banten Sejahtera. “Dari 980 sekian UMKM, kami akan coba berdayakan melalui model bisnis secara teknologi. Yakni start pay dan cara bayarnya menggunakan smartphone,” jelasnya

Advertisement

Upaya pemberdayaan UMKM yang menggandeng PT Jamkrida Banten ini, ditaksir akan mengucurkan dana hampir senilai Rp 300 miliar.
“Dengan modal hampir Rp 300 miliar ini, akan kami campaign semoga sejalan dengan program pemerintah. Tujuan kami menggandeng PT Jamkrida Banten yaitu agar fungsi utama PT Jamkrida, tidak hanya mengeluarkan kredit bagi ASN, tetapi juga bagi UMKM. Sehingga kami harapkan Program ini dapat membangun masyarakat khusunya pelaku UMKM yang ada di Provinsi Banten,” ungkapnya. (gag/red)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.