KeuanganPerbankan

Dapat Deviden Setiap Tahun, Pemprov Banten Diminta Tambah Modal ke Bank bjb

BISNISBANTEN.COM– Wakil Ketua Komisi III DPRD Banten, Ade Hidayat mendorong Pemprov Banten menambah penyertaan modal ke Bank bjb. Ini berdasarkan laporan keuangan Bank Bjb berhasil mencatatkan keuntungan dan memberikan deviden atau bagi hasil kepada Pemprov Banten.

“Bank bjb berhasil mencatatkan keuntungan berdasarkan laporan kinerja tahun 2020,” kata Ade Hidayat kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Deviden yang dibagikan Bank bjb kepada Pemprov Banten sudah lima kali lipat dari penyertaan modal yang diberikan Pemprov Banten ke Bank bjb. Untuk itu, wajar jika Pemprov Banten didorong utnuk menambah penyertaan modal agar deviden yang didapatkan lebih besar.

Advertisement

“Deviden bisa menjadi salah satu sumber pendapatan Pemprov Banten. Di tengah pandemi ini kita butuh sumber pendapatan lain di luar pajak, karena pendapatan sektor pajak sedang menurun,” terangnya.

Penambahan penyertaan modal bisa dilakukan Pemprov Banten dalam right issue yang dilakukan Bank Bjb. Selain untuk mendapatkan deviden lebih besar, penyertaan modal juga dilakukan agar saham Pemprov Banten di Bank nlbjb tidak terdelusi.

“Dalam suatu kesempatan saya pernah menyampaikan kepada Sekda Banten untuk menambah penyertaan modal di Bank bjb. Kenapa tidak keinginan penyertaan modal ke Bank bjb diwujudkan,” jelasnya.

Untuk diketahui, dalam rangka menambah permodalan khususnya tier-1 rasio dalam mendukung ekspansi usaha, Bank bjb akan mengajukan program penambahan modal melalui HMETD pada RUPS Tahunan Tahun Buku 2020 yang akan diselenggarakan pada 6 April 2021.

Advertisement

Sebagaimana keterbukaan informasi yang telah dilakukan, Bank Bjb akan melakukan penerbitan saham seri B sebanyak 925.000.000 lembar atau sebesar 9,40 persen dari total jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan. (susi)

 

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com