Info Travel

Cikoromoy, Buang Jauh-jauh Pikiran Kotor, Ini Airnya Sangat Menyegarkan Loh!

BISNISBANTEN.COM – Iya, ini Cikoromoy yang itu, yang pernah viral dengan kejadian sepasang muda-mudi yang asyik-masyuk melakukan hal yang dinilai tidak senonoh. Saatnya buang jauh-jauh untuk melakukan hal-hal nista di tempat publik seperti ini. Rasakan dingin dan beningnya Cikoromoy yang menyegarkan.

Berada sekitar 15 kilometer dari pusat Kabupaten Pandeglang, pemandian Cikoromoy ada di Desa Kadubungbung, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Banten. Pemandian yang beroperasional Wisata setiap hari dari pukul delapan pagi hingga delapan malam ini sudah cukup lama, bahkan sebelum penjajahan Belanda.

Pada 1975, sumber mata air di Cikoromoy dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat sumber air baku kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mencuci dan kebutuhan harian lainnya. Sejak itulah, banyak masyarakat banyak ke Cikoromoy dan akhirnya menjadi tempat wisata di Pandeglang.

Advertisement

Cikoromoy ini terbentuk secara alami. Sumber mata air berasal dari kaki gunung Karang. Airnya tetap bening meskipun terus dipadati pengunjung. Sirkulasi air lancar sehingga airnya tidak keruh dan tidak berbau. Sangat alami dan lebih natural dibandingkan dengan berenang di kolam renang biasa.

Ada dua kolam pemandian. Di dasar kolam dibiarkan alami dengan bebatuan dan pasir hitam. Air jernih di sini ada juga yang mengatakan berasal dari Gunung Pulosari yang terus mengalir. Airnya yang jernih dan bening menambah pesona saat selfie dalam air.

Ikan-ikan yang berenang bebas di kolam ini. Tenang saja, ikan-ikan ini tidak terganggu dengan kehadiran manusia yang berenang di sini.

Advertisement

Kolam pemandian Cikoromoy sudah dibedakan sesuai usia. Kolam untuk dewasa lebih dalam dibandingkan dengan kolam anak-anak. Alhasil, tempat wisata mata air Cikoromoy ini kerap dijadikan sebagai lokasi wisata bersama keluarga.

Supaya tidak berenang ala kadarnya, pengunjung bisa menyewa pelampung dan ban renang. Pelampung di sini ada yang berbentuk kasur yang bisa dipakai ramai-ramai, ada juga yang bulat, dan aneka bentuk lainnya.

Di Cikoromoy, selain ada tempat ganti, tempat bilas, toilet, musala, juga ada warung makan. Pengunjung bisa Pop Mie juga ikan bakar.

Cikoromoy sudah sangat dikenal di Pandeglang. Bahkan mata air yang berasal dari Kampung Cikoromoy ini dijadikan sumber bahan air bagi PDAM Pemkab Pandeglang. (Hilal)

Tinggalkan Komentar

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.