MotorOtomotif

Cara Aman Lewati Genangan Air untuk Pengendara Motor

BISNISBANTEN.COM – Musim hujan seringkali membuat kesal para pengendara. Terlebih saat hujan, banjir dan genangan air sering muncul di jalan, tentu saja juga menjadi hal yang harus dihadapi saat berkendara.

Menghadapi genangan air tinggi yang terbentang di jalan bisa menjadi pengalaman yang menegangkan dan berisiko. Bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut dengan aman dan tepat?

Berikut adalah tips atau trik melewati kondisi banjir pada saat berkendara :

Advertisement

Pertama sebelum berkendara pastikan dulu melakukan pemeriksaan pada motor yang akan kita kendarai. Mulai dari kondisi ban, rem, lalu ketersediaan bahan bakar, serta fungsi lampu-lampu yang ada pada sepeda motor.sw

Yang kedua adalah kita harus memastikan untuk selalu menyediakan jas hujan. Mengingat kondisi saat ini cuaca tidak menentu dan mudah berubah bisa terjadi hujan secara tiba-tiba dan pastikan menggunakan jas hujan yang aman dan nyaman untuk kondisi riding atau berkendara.

Sebagai contoh adalah jas hujan yang terpisah antara baju dan celana. Tidak disarankan menggunakan jas hujan model ponco atau jas hujan yang lebar karena bisa membahayakan atau berpotensi tersangkut ke roda belakang dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Advertisement

Yang ketiga, ketika kita sedang berkendara dan melewati kondisi jalan banjir, pastikan mengurangi laju kendaraan, pastikan juga ketinggian air tidak melewati filter udara kendaraan karena akan mengakibatkan kondisi motor mogok dimana air akan masuk ke dalam mesin.

Yang keempat, tetap tenang dan menjaga keseimbangan laju kendaraan dengan tidak memainkan gas serta menjaga riding position agar motor tetap stabil.

Untuk menjaga kondisi motor tetap prima lakukan lah perawatan berkala di AHASS resmi Honda serta gunakan suku cadang yang asli agar motor tetap awet dan nyaman dikendarai. Tetap #cari_aman saat berkendara ya BroSis!! (Susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com