Banten24

Calon Kang Nong Kabupaten Serang Ditempa di Desa Wisata

BISNISBANTEN.COM — Pemilihan Kang Nong Kabupaten Serang Tahun 2022 sudah memasuki tahap karantina. Ada yang unik tahun ini, tempat karantina salah satunya dilakukan di Desa Wisata Cikolelet, Kecamatan Cinangka.

Hal ini sejalan dengan prioritas Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam pengembangan desa wisata.

“Kami akan tempa maksimal seluruh peserta, termasuk merasakan atmosfir desa wisata secara langsung. Sejalan dengan optimalisasi desa wisata yang dilakukan Ibu Bupati Serang,” kata Mariska Damayanti, Ketua Panitia Pemilihan Kang Nong Kabupaten Serang melalui keterangan tertulis, Senin (7/3/2022).

Advertisement

Ia mengungkapkan, karantina dilakukan pada 6-9 Maret di Desa Wisata Cikolelet dan Mambruk Hotel & Convention Anyer.” Pada kesempatan di Desa Cikolelet, peserta  akan diberikan wawasan tentang konsep desa wisata, kebudayaan, dan pariwisata secara umum,” ujar Mariska. Materi diberikan langsung oleh Kepala Desa Cikolelet, Ojat Darojat.

Kemudian peserta juga akan diberikan wawasan tentang digitalisasi media, public speaking, hingga penempaan mental dan spiritual.” Semua peserta diberi tambahan pengetahuan, sekaligus penguatan mentalnya,” ujar Mariska.

Ia mengungkapkan, setelah karantina, peserta yang terdiri dari 10 kang dan 10 nong akan dipersiapkan untuk masuk ke tahap grand final pada Jumat (11/3/2022) malam. Seluruh peserta akan unjuk pengetahuan dan kemampuan untuk menyakinkan para dewan juri.

“Untuk dewan juri kami hadirkan dari kalangan profesional. Insya Allah, turut menghibur Arfa Band dan Wulan Lida. Kami akan laksanakan dengan protokol kesehatan ketat,” tegas Mariska.

Advertisement

Kepala Bidang Pemasaran dan Kemitraan Usaha Jasa Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang, Eeng Kosasih menambahkan, pemilihan Kang Nong tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.
“Ajang dua tahunan ini, tidak sekadar memilih duta wisata dan pembangunan Kabupaten Serang, tetapi juga dipersiapkan untuk punya eksistensi di tingkat provinsi dan nasional,” ujarnya.

Pada grand final nanti, kata dia, selain memilih Kang Nong 2022, juga akan ditetapkan sejumlah duta program Pemkab Serang. Seperti duta pembangunan, duta lingkungan hidup, duta anti narkoba, duta ekonomi dan UMKM, duta pajak, dan  duta wawasan kebangsaan. “Setelah para pemenang terpilih, insya Allah kami akan terus memberikan pembinaan dan aktif berkontribusi untuk pembangunan Kabupaten Serang,” ujarnya. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com