LifestyleYoungpreneur

Buket Bunga, Bisnis Milenial ala Rofifah Juniandar

BISNISBANTEN.COM – Bisnis buket bunga sedang berkembang di berbagai daerah, salah satunya di Serang, Banten. Apalagi kini buket bunga menjadi salah satu barang yang banyak dicari. Usaha ini bergerak dalam bidang seni kerajinan tangan yang menjual berbagai jenis buket.

Rofifah Juniandar, mantap membuka usaha buket bunga setelah sebelumnya bisnis jasa makeup, karena saat itu jasa makeup sedang down di masa pandemi. Ia memutar otak untuk memikirkan ide bisnis apalagi yang akan dijalankan, sampai pada akhirnya Mei 2022 ia mantap membuka usaha buket bunga ini.

Buket bunga ini merupakan usaha yang menjanjikan dan tidak ada kadaluarsa atau habis dimakan waktu. Untuk modal awal yang ia keluarkan tidak mencapai 2 digit, ia mengeluarkan modal sekitar Rp5 juta sampai Rp6 juta untuk membeli alat dan bahan.

Advertisement

“Untuk omzet Alhamdulillah cukup untuk memutar modal, keuntungan tidak seberapa, karena masih awal belum genap satu tahun. Jadi belum terlalu memikirkan keuntungan. Yang paling utama, mengutamakan modal balik, bisa belanja lagi, nambah item lagi dan nama. Jadi ketika orang belanja buket inget buketbyovi,” ujarnya

Untuk jenis buket, banyak variannya dimulai dari buket bunga, snack, rokok, uang dan fresh flower. Harganya dimulai dari Rp50 ribu.

Saat ini Rofifah masih menjual buket fokus pada online atau media sosial seperti WhatsApp dan Instagram. Ia belum memiliki store, namun jika customer ingin melihat langsung boleh datang ke kontrakannya di Jalan Sumur Pecung, Kota Serang.

Rofifah juga mengungkapkan, suka duka dalam memulai usaha ini lebih banyak sukanya karena usaha buket ini hobinya, dan ia senang melihat cantik dan indah.

Kesulitannya saat ada pesanan yang mendadak dan orderan banyak, karena ia mengerjakan sendiri dan membutuhkan waktu yang ekstra dan membagi waktunya untuk kuliah.

Rofifah juga berharap, di 2023 segera memiliki store dan mempunyai karyawan minimal satu untuk membantu usahanya. Ia juga sangat menikmati proses usaha ini dan merasakan jatuh bangun dalam memulai usaha.

Buat yang bingung mau kasih kado ulang tahun, pernikahan dan wisuda buket bunga ini paling pas dan cocok. Langsung saja kunjungi Instagram @bucket_byovi dan @makeup_byovi untuk make up. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA