InspirasiSosokTips Travel

Budiharto Setyawan, Kepala KPw Bank Indonesia

BISNISBANTEN.COM – Semangatnya yang tinggi dalam menempuh pendidikan membuat Budiharto Setyawan ini mengambil  dua jurusan sekaligus saat kuliah. Semangatnya ini membuahkan hasil karena sekarang ia menjabat sebagai Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Banten.

Pria yang lahir di Ibukota DKI Jakarta 52 tahun silam ini hampir empat tahun menjabat Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten.

Budi, sapaan akrabnya ini lahir dari kedua orangtua yang mendukung apapun cita-citakan oleh anaknya. Sang ayah sendiri berprofesi sebagai arsitek konsultan teknik membuatnya ingin menapaki jalur yang sama.

Advertisement

“Saya sempat kuliah double di Fakultas teknik dan mengambil jurusan teknik sipil, dan Fakultas Hukum. Namun, saya hanya lulus di S1 Fakultas Hukum. Teknik tidak diteruskan karena saya mengambil pilihan untuk bekerja,”katanya, Kamis (3/8).

Budi merupakan lulusan S-1 Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM). Kemudian, pria kelahiran 7 Juli 1965 ini melanjutkan S-2 Magister Ekonomi Pembangunan di kampus yang sama.

“Setelah lulus kuliah, saya langsung bekerja di salah satu Bank swasta selama dua tahun. Setelah itu, baru mendaftar ke Bank Indonesia melalui jalur penerimaan S-1,” jelasnya.

Awal Budi bekerja, ia langsung ditempatkan di luar Pulau Jawa yakni Samarinda Kalimantan Timur sebagai pengawas bank. Selanjutnya, pada 1993-1998,  ia dipercaya sebagai analis ekonomi. Pada 1998-2000, ia dimutasi ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo sebagai manager promosi.

Advertisement

“Alhamdulillah pada 2000-2002, saya dapat beasiswa S2 dari Bank Indonesia di UGM,” ujarnya.

Lambat laun, karir Budi semakin bersinar pada 2002-2013 lalu. Ia kembali di mutasi ke Bank Indonesia Pusat yang berlokasi di tanah kelahirannya sendiri. Kemudian pada 2013, Budi mendapatkan promosi jabatan sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten hingga saat ini.

Bagi budi, keberhasilannya hingga saat ini tidak lepas dari dukungan keluarga terutama ketiga putranya.

“Keluarga saya selalu mendukung dan memahami kesibukan yang dijalani. Namun, saya selalu meluangkan waktu khusus keluarga seperti cuti atau akhir pekan bersama,”tuturnya.

Baginya, pegawai BI Banten adalah anak muda yang sangat energik dan pantang menyerah. Ia merasa bangga dan bersyukur dapat bergabung dan menjadi pimpinan. “Mereka kompak karena bagi saya,” ucapnya.

Di sela-sela kesibukannya, pria berkacamata ini masih menyempatkan diri untuk melakukan hobinya. Beberapa hobi yang ia sukai antara travelling, kuliner dan membaca. (gag/red)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.