Keuangan

BI Banten Bentuk TP2DD Kabupaten Serang dan Tangerang

BISNISBANTEN.COM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten merampungkan pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) untuk Kabupaten Serang dan Tangerang. Kerja sama ini ditandatangani Kepala KPw BI Banten Erwin Soeriadimadja, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang berlangsung di UMA1 Novus Jiva Cinangka, Kabupaten Serang, Selasa (22/6).

Acara ini dihadiri Asda II Pemprov Banten M Yusuf, Direktur Pendapatan Daerah Kemendagri RI M Hendriawan, dan Asda III Pemkab Tangerang Yani Sutisna, Pemimpin Bank bjb KCK Banten Budiatmo Sudrajat, Pemimpin Bank bjb Balaraja Ujang Saefullah.

Kepala KPw BI Banten Erwin Soeriadimadja mengungkapkan, BI Banten telah resmi merampungkan pembentukan TP2DD di tingkat provinsi dan delapan kabupaten/kota dengan membentuk TP2DD Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang.
“Tingkat Provinsi telah dibentuk pada Maret 2021 dan pada Juni ini dirampungkan dengan membentuk TP2DD Kabupaten Serang dan Tangerang,” katanya.

Advertisement

Ia mengungkapkan, setidaknya ada tiga manfaat dari pembentukan TP2DD ini antara lain upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan daerah yang menjadi prioritas prioritas utama. “Ini sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan dan anggaran belanja daerah,” ungkapnya.

Sementara manfaat kedua dengan adanya TP2DD ini untuk memfasilitasi dan memperluas retribusi sehingga bisa dikembangkan sebagai pengelola layanan masyarakat. “Sehingga bisa meningkat dan menjadi bagian dari sebuah daerah di Provinsi Banten,” katanya.

Untuk manfaat ketiga bisa mempercepat integrasi ekonomi dan keuangan digital yang menjadi sangat penting di tahapan metode ini. “Digitalisasi menjadi sebuah keniscayaan untuk selalu tetap kuat,” katanya.

Ia menjelaskan, setelah TP2DD terbentuk, kedepan akan dilaksanakan rapat kordinasi untuk menyamakan presepsi tentang percepatan dan perluasan digitalisasi daerah untuk membahas jangka pendek dan panjang. Sementara program yang akan dilakukan yakni perluasan digitalisasi di daerah dengan memperluas retribusi untuk pendaptan daerah. TP2DD juga akan memperluas kanal pembayaran di pelayaann publik guna mempermudah masyarakat seperti QRIS.

Advertisement

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan, kerja sama yang dilakukan tentu akan memberikan manfaat untuk jajaran OPD di Kabupaten Serang. Digitalisasi di Kabupaten Serang sudah berjalan lama terutama pengelolaan belanja daerah, pendapatan daerah, dan pelayanaan publik.
“Pemkab Serang akan terus melakukan sosialisasi untuk percepatan dan perluasan digitalisasi dengan baik agar dapat digunakan masyarakat dsengan baik pula,” katanya.

Direktur Pendapatan Daerah Kemendagri RI Hendriawan mengungkapkan, mendukung apa yang dilakukan Bank Indonesia Provinsi Banten karena ditengah pendapatan daerah yang mengalami penurunan tentu pemda harus terus melakukan inovasi.
“Kemendagri akan menyiapkan regulasi guna mempermudah transaksi bagi masyarakat,” katanya.

Asda III Kabupaten Tangerang Yani Sutisna mengungkapkan, terbentuk TP2DD ini memberikan kesadaran masyarakat tentang pentingnya digitalsasi terutama saat pandemi seperti ini. “Digitalisasi menjadi alat dalam berkomunikasi dan Pemkab Tangerang mendukung apa yang dilakukan BI,” katanya. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com