Info Bisnis

Bersaing dengan Fiersa Besari, Gol A Gong Terpilih Jadi Duta Baca Indonesia

BISNISBANTEN.COM — Masyarakat Banten harus bangga tehadap sastarawan Heri Gol A Gong terpilih menjadi Duta Baca Indonesia Periode 2021-2026. Beliau memegang estapet duta bahasa bersaing dengan tokoh penulis dan penyanyi Indonesia Fiersa Besari.

Setelah Najwa Shihab, tongkat estafet Duta Baca Indonesia (DBI) kini berlanjut ke tangan pegiat literas asal Banteni Gol A Gong. Selama lebih dari tiga dekade ke belakang, Gol A Gong bergelut dengan aktivitas keliterasian.

Berprofesi sebagai sastrawan sekaligus pendiri Rumah Dunia yang berada di Kota Serang, Banten. Gol A Gong pernah dinobatkan sebagai Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Indonesia. Ratusan karya cetak berbentuk buku telah ditulisnya, bahkan beberapa penghargaan penting lain pernah diraihnya.

Advertisement

Diantaranya, Nugra Jasadarma Pustaloka pada 2007, Literacy Award, Anugerah Peduli Pendidikan, Tokoh Sastra Indonesia, Anugerah Kebudayaan Indonesia, Tokoh Penggerak Literasi, serta Penghargaan Literasi Anti Korupsi dari KPK.

Dalam kesempatan Syukuran Literasi Pengukuhan GOL A GONG Sebagai Duta Baca Indonesia 2021-2026, di Kafe Mang Jaseng, Kota Serang. Dalam kegiatan tersebut beliau mengatakan, tidak menyangka bisa menjadi duta baca Indonesia dan bersaing dengan penulis atau sastrawan terkemuka seperti Fiersa Besari dan lain-lain.

“Mungkin ini adalah komitmen saya dalam membaca dan menulis, serta berbagi virus literasi kepada masyarakat. Dengan terpilihnya Gol A Gong sebagai Duta Baca Indonesia, maka menjadi kebanggan tersendiri untuk terus belajar, tumbuh, dan berkembang,” katanya.

Sebagai Relawan Rumah Dunia, ia pribadi turut bersyukur dengan pengukuhan ini. Semoga dengan dikukuhkannya Gol A Gong, sebagi Duta Baca Nasional, menjadi pembuktian warga Banten kepada Negara, bahwa Banten selalu memiliki peran penting dalam pembangunan Bangsa, terkhusus dibidang Pendidikan dan Kesusastraan, untuk lebih berdaya dengan buku. (Fathur)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com