MobilOtomotif

Berkendara Aman di Cuaca Ekstrim, Ini Tipsnya!

BISNISBANTEN.COM – Akhir-akhir ini cuaca sedang tidak menentu bahkan kini cuaca tengah ekstrim hujan disertai dengan angin kencang.

Sebelumnya cuaca ekstrim ini diprediksi akan berakhir pada Februari, namun baru-baru ini BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) menyampaikan, ada aktivitas Siklon Tropis Freddy di Selatan Jawa.

Dengan demikian mengakibatkan terjadinya hujan lebat disertai angin kencang, bahkan disejumlah wilayah banyak pohon tumbang akibat cuaca ekstrim.

Advertisement

Walaupun demikian, banyak masyarakat harus melakukan aktivitas di luar rumah baik untuk bekerja, sekolah dan lainnya walaupun cuaca sedang ekstrim dan tak menentu ini. Untuk itu, ini dia tips yang dapat membantu berkendara disaat cuaca ekstrim.

1. Pengemudi dan kendaraan harus memperhatikan kesiapannya.

Dalam mengendarai kendaraan tak ada bedanya saat cuaca bersahabat, pengemudi harus memastikan bahwa kendaraan yang akan dijalankan harus siap dan aman untuk dikendarai terlebih jika cuaca sedang ekstrim. Contohnya ban kendaraan tidak kurang angin, kemudian jika ban sudah gundul sebaiknya diganti.

Untuk pengendara juga harus dalam keadaan sehat dan prima saat mengendarai, agar saat diperjalanan lebih fokus.

Advertisement

2. Membawa kendaraan dengan menjaga kecepatan.

Saat cuaca ekstrim seperti ini, pengendara harus menjaga kecepatan saat di jalan. Karena selain hujan lebat disertai angin kencang, biasanya dijalan juga menimbulkan genangan air dari jalan rusak yang mengakibatkan kecelakaan. Maka dari itu pengendara harus memperhatikan kecepatan kendaraan.

3. Jangan memaksa untuk berkendara jika cuaca semakin memburuk.

Jika dirasa kondisi cuaca sudah tidak aman dan memungkinkan untuk melakukan perjalanan, sebaiknya jangan dipaksa. Lebih baik menunggu situasi membaik dan aman terlebih dahulu untuk menghindari resiko kecelakaan.

Nah itu dia tipsnya berkendara di tengah cuaca ekstrim ini, namun hal ini juga dapat diterapkan dalam sehari-hari tidak harus menunggu cuaca ekstrim untuk berkendara lebih hati-hati. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA