Beri Materi Kebank Sentralan, BI Banten Kenalkan QRIS Kepada Mahasiswa UIN

BISNISBANTEN.COM — Kantor Perwakilan wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten memperkenalkan QRIS kepada ratusan mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, yang digadang-gadang akan mulai diresmikan pada 1 Januari 2020 mendatang. Diketahui QRIS merupakan standarisasi QR (code) untuk sistem pembayaran di Indonesia, yang akan digunakan oleh perbankan dan fintech pembayaran.

Kepala Kantor Perwakilan wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, tujuan Bank Indonesia memberikan materi kebank sentralan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis kali ini yakni memberikan pemahaman mereka mengenai perkembangan digital ekonomi yang saat ini berkembang di dunia khususnya Indonesia.

“Perlu diketahui, manfaat QRIS begitu kompleks, untuk membantu efisiensi bagi semua pihak. Misalnya, bagi semua pihak yaitu lebih fleksibel memilih alternatif sumber dana dan atau instrumen pembayaran,” katanya, Jumat (6/12).

Lanjut Erwin, tidak hanya manfaat bagi pengguna saja, manfaat bagi pedagang, yaitu akan lebih praktis karena hanya perlu satu QR Code pembayaran dengan standar QRIS untuk menerima pembayaran. Sedangkan manfaat bagi industri, dapat meningkatkan interkoneksi dan interoperabilitas sehingga mengurangi fragmentasi dan lebih efisien.

“Ini merupakan tujuan tunggal BI, dimana QRIS merupakan instrumen untuk melakukan sistem pembayaran non tunai dengan lebih praktis,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya berharap dengan adanya acara tersebut mahasiswa dapat lebih mengenal hadirnya QRIS dan lebih memahami dan menerapkan cara bertransaksi secara non tunai dalam kehidupan sehari-hari. (GAG)