Info Travel

Berendam di Situ Cibulakan, Sensasi Kesegaran Wisata Alam. Berani Coba?

BISNISBANTEN.COM – Situ Cibulakan memiliki banyak keunikan yang menarik banyak pengunjung. Objek wisata di Desa Sanepa, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang ini memiliki air yang tidak pernah surut walaupun pada saat musim kemarau. Apa sebab?

Selain selalu terlihat jernih, kolam air di Cibulakan yang kerap digunakan untuk mandi ini memiliki mata air sendiri. Di kolam ini terdapat sumur yang terletak di bawah batu, berada di tengah kolam ini.

Untuk menuju destinasi wisata ini, sekitar satu jam dari pusat Kota Serang. Dari arah Serang atau Pandeglang akan menemukan simpang Palima lalu menuju Ciomas. Nah di pertigaan Ciomas, ambil jalur lurus sampai menemukan Kantor Kecamatan Ciomas. Kendaraan bisa diparkir di sini atau menyeberang jalan menuju jalan setapak. Di sini pun ada tempat parkir.

Advertisement

Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. Jalanan terus menurun sampai tiba di pemandian. Di sana terdapat kolam dan saung-saung juga warung di sekitarnya.

Tempat wisata ini cocok bagi yang ingin menikmati keindahan alam. Biasanya lokasi ini akan ramai pada siang sampai sore hari. Di tempat wisata ini masih dikelola secara konvensional, minim spot foto. Namun jika ingin berendam dan berenang di kolam tanpa zat kimia, Cibulakan adalah sebuah solusi.

Pengunjung Cibulakan beragam usia, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Mulai dari rombongan muda-mudi yang sengaja berekreasi atau keluarga yang sedang berwisata.

Air dari mata air ini sangat aman digunakan mandi bahkan digunakan warga untuk aktivitas sehari-hari. Ini terlihat dari banyaknya pipa maupun selang yang mengarah ke rumah masyarakat.

Advertisement

Untuk tarif masuk, tenang saja. Cukup merogoh kocek untuk parkir kendaraan. Sementara kalau lapar atau haus, ada warung-warung yang menyediakan air kemasan, mi rebus, dan jajanan lain.

Sekali kesini, bakal kangen dengan dinginnya air kolam loh. Apalagi saking jernihnya bisa foto underwater. Saat foto macam ini ngehits, Cibulakan banyak dijadikan tempat foto.

Oh ya, jangan khawatir tenggelam. Karena kedalamannya hanya sekitar 50-150 cm. Jadi, tunggu apa lagi? (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.