Banten24

Bentuk Kampung KB Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Kabupaten Serang

DINAS KELUARGA BERENCANA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (DKBP3A) KABUPATEN SERANG

BISNISBANTEN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) di bawah kendali Hj Encup Suplikhah, SKM, MM terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Serang. Salah satunya melalui Bidang Keluarga Berencana (KB) dengan programnya yaitu Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB), dimana DKBP3A di lokasi Kampung KB mengadakan kegiatan Pengorganisasian Kampung KB yang merupakan satuan wilayah setingkat desa, dengan beberapa kriteria khusus dan memiliki target agar masyarakat di daerah bisa meningkat kuaitas hidupnya.

Daerah yang ditetapkan sebagai Kampung KB yaitu daerah yang memiliki jumlah peserta KB di bawah rata-rata, serta jumlah peserta keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahteranya juga di atas rata-rata.

Advertisement

Disampaikan Encup, pihaknya gencar melakukan sosialisasi pembinaan pelayanan KB dan optimalisasi penyelenggaraan Kampung KB yang merupakan sistem kesatuan wilayah di desa untuk dapat melaksanakan proses pembangunan secara konvergensi dan terpadu. Di Kampung KB tidak hanya menjadi tanggungjawab DKBP3A saja, melainkan juga semua OPD terkait lainnya bergerak melakukan intervensi dengan program pembangunan. Dalam pembinaan pelayanan KB, pihaknya selalu berkoordinasi dengan dinas terkait, sehingga kegiatannya maksimal, seperti melakukan pelayanan KB melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), dalam rangka Gerai Pelayanan Khusus (Yansus) KB, dalam rangka 1 Juta Akseptor pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas), Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA), pelayanan dalam rangka Galcitas dan Kepulauan, serta pelayanan KB dalam rangka Contraception Day (WCD).

“Alhamdulillah, Banten yang diwakili Kabupaten Serang sukses menjadi juara menurunkan angka Stunting tingkat nasional, diikuti Provinsi Aceh dan Jawa Barat. Lokasinya di Desa Mompok, Kecamatan Cikeusal,” tutur Encup bangga.

Advertisement

Disebutkan Encup, saat ini di Kabupaten Serang sudah terbentuk 52 Kampung KB. Setelah terbitnya Inpres Nomor 3 Tahun 2022, ke depan dari 326 desa di Kabupaten Serang sedikitnya 75 persen akan dibentuk Kampung KB.

“Kami di Kabupaten Serang selalu responsif dan kami berterima kasih kepada Ibu Bupati yang selalu menfasilitasi setiap kegiatan, sehingga berjalan lancar,” ucapnya. (Advertorial)

Advertisement
LANJUT BACA