FiturInfo BisnisTeknologi

Begini Cara Mudahnya Bayar Listrik via PLN Mobile

BISNISBANTEN.COM — Kehadiran listrik menjadi salah satu kebutuhan pokok yang menunjang segala aspek kehidupan mulai dari bekerja, belajar, bahkan melakukan aktivitas sehari-hari yang tak lepas dari penggunaan alat elektronik yang membutuhkan listrik sebagai penunjangnya.

Listrik pascabayar sendiri merupakan salah satu metode pembayaran listrik yang dibayarkan setelah pelanggan memakai listrik terlebih dahulu dalam satu bulan. Bagi pengguna listrik pascabayar, perlu lebih memperhatikan tagihan listrik yang biasanya akan keluar dan bisa diakses oleh pelanggan mulai tanggal 2 atau 3 setiap bulannya yang merupakan hasil penggunaan listrik pada tiap bulannya.

Melakukan pembayaran listrik di awal bulan akan memberikan kenyamanan bagi para pelanggan. “Pelanggan tentunya akan merasa lebih nyaman untuk menggunakan listrik dan juga ini dapat menghindari potensi pelanggan terlupa atau terlewat dari batas waktu pembayaran listrik.” kata Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan, PLN UID Banten Donny Adriansyah.

Advertisement

Kini dengan hadirnya PLN Mobile, tagihan listrik semakin mudah diakses, dalam satu genggaman melalui smartphone dimanapun dan kapanpun pelanggan dapat melakukan pengecekan jumlah tagihan dan pembayaran tagihan listrik melalui aplikasi PLN Mobile tersebut.

“Setidaknya terdapat tiga pilihan yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan atau membeli token listrik.
melalui PLN Mobile, bisa melalui menu kelistrikan, menu Token dan Pembayaran dan terkahir melalui fitur pemberitahuan kemudian ikuti langkah-langkah yang ada di aplikasi PLN Mobile,” tutup Donny.

Selanjutnya untuk ketiga opsi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
Opsi Pertama bisa melalui menu Kelistrikan :

1. Pilih menu “Kelistrikan”

Advertisement

2. Pilih ID pelanggan yang akan dilakukan proses pembayaran rekening listrik, atau

3. Menuju pada menu “Pemberitahuan” untuk ID pelanggan pascabayar yang telah didaftarkan pada akun PLN Mobile.

Opsi Kedua bisa melalui menu Token dan Pembayaran :

1. Pilih Menu “Token dan Pembayaran”

2. Masukkan nomor ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran apabila belum terdaftar pada akun PLN Mobile, atau

3. Pilih ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila sudah terdaftar pada akun PLN Mobile).

Opsi Ketiga Menuju pada fitur “Pemberitahuan” :
Apabila pelanggan telah mendaftarkan ID pelanggan pada PLN Mobile akan tertampil pemberitahuan antara lain Tagihan Listrik (Pasca Bayar), Sisa Token (Pra Bayar), dan pemadaman yang terjadi hingga info Nyala akibat pemadaman.

Setelah memilih salah satu opsi di atas, pelanggan akan ditujukan untuk melakukan pembayaran. Pada proses ini, pilih ‘Pilih Tagihan’. Kemudian muncul detail tagihan dan klik ‘Lanjutkan Pembayaran’. Selanjutnya, pelanggan dapat memilih metode pembayaran dan bayar.

Pada tahap ini, pengguna dapat melihat detail transaksi apabila sudah melakukan pembayaran serta menerima notifikasi transaksi. Sementara itu, untuk pembelian token listrik, pelanggan akan diarahkan pada beberapa instruksi setelah mengikuti salah satu opsi di atas.

Setelah itu, pilih ID Pel/No Meter dan akan tampil daftar tagihan. Kemudian klik ‘Beli Token.’ Selanjutnya, pilih nominal token yang akan dibeli lanjutkan ke pembayaran. Kemudian pelanggan tinggal memilih metode pembayaran dan Bayar.

Untuk itu ayo segera donwload aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau Appstore. Segala kemudahan, kenyamanan terkait layanan informasi dan pengaduan ganguan listrik tersedia, dengan PLN Mobile semua semakin mudah. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com