Kuliner

Awalnya Cuma Hobi, Lama-lama Jadi Peluang Cuan

BISNISBANTEN.COM — Setelah sukses mengembangkan bisnis fashion, Adiliana yang merupakan pemilik Ranaya Boutique di Kota Serang kini tengah mengembangkan bisnis kue. Bisnis yang baru digeluti beberapa bulan ini berawal dari hobinya membuat kue.

Ia tidak menyangka dari kegemarannya tersebut mendapatkan respons yang positif dari para rekannya. Meskipun awalnya tidak percaya diri karena hanya untuk konsumsi pribadi, tetapi lama-kelamaan ia tidak bisa menolak permintaan rekan-rekannya.

“Awal iseng-iseng aja karena mulai pandemi harus banyak di rumah sehingga ada kesempatan menyalurkan hobi membuat kue bolu. Ternyata teman-teman ingin pesan, sempat menolak karena nggak percaya diri,” katanya.

Karena tidak bisa terus-menerus menolak permintaan rekan-rekannya, akhirnya ia memberanikan diri membuat pesanan yang diinginkan. Awalnya ia hanya membuat kue bolu sehari satu loyang. Namun, perlahan ia kini bisa membuat lebih dari 10 loyang per hari.
“Alhamdulillah, yang awalnya hanya satu loyang dan satu jenis kue sekarang sudah lebih banyak varian yang bisa dipilih para konsumen,” katanya.

Ia tidak menyangka akan mendapatkan respons yang positif dari para rekan-rekannya. Bahkan, mayoritas selalu pesan berulang kali. “Senang kalau banyak kue yang suka,” katanya.

Ia juga membuat brand untuk beragam kue yang ditawarkan yakni @eatsandcakery. Di akun online ini, konsumen yang berminat bisa memilih jenis kue yang dipesan dan juga tercantum harga sehingga memudahkan para konsumen yang memesan.


Dengan semakin banyak varian, ia juga dituntut untuk terus berkreasi sehingga membuat para konsumennya ingin mencoba terus varian baru yang ditawarkan. “Jadi tertantang untuk meracik resep-resep yang baru,” katanya.

Berbagai kue tersebut diolahnya sendiri dan setiap ada yang memesan. Ia sengaja tidak membuat stok kue agar kualitasnya terjaga. “Jadi kalau ada yang pagi mau ambil, berarti beberapa jam sebelum itu baru dibuatkan. Jadi baru keluar dari oven,” katanya.


Meskipun sekarang ramai pesanan, ia belum berencana membuka toko kue. Ia sekarang lebih fokus untuk penjualan online sesuai pesanan konsumen dan rekan-rekannya. “Semoga bisa lebih berkembang dan disukai teman-teman dan konsumen,” katanya. (Susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com