EkonomiUMKM

Apresiasi KKB, Menparekraf Ajak UMKM Bangkit dengan 3G

BISNISBANTEN.COM — Menteri Pariwisata dan E konomi Kreatif, Sandiaga S. Uno memberikan apresiasi kepada Bank lndonesia Banten atas kegiatan Karya Kreatif Banten sebagai bagian dari Pemulihan Ekonomi Nasional. Ini ia sampaikan saat membuka acara Talkshow Interaktif Business Matching yang berlangsung di offline dan online pada Kamis (21/10).

Ia menyampaikan, akibat pandemi covid-19, ada 34 Juta orang yang bekerja di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif turut terdampak. Untuk UMKM harus segera bangkit dan terus mendorong UMKM di Provinsi Banten dengan 3G yaitu Gercep (Gerak C epat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol.

Sementara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja mengajak seluruh pihak terus bersinergi dalam memajukan UMKM Banten guna membangkitkan ekonomi Banten lebih cepat. Ini sekaligus menciptakan lapangan kerja dan kesejahteraan.
“Hal ini penting karena UMKM Banten telah menunjukan semangat dan perkembangan yang luar biasa dalam 2 tahun terakhir,” katanya.

Advertisement

Ia menambahkan, omzet penjualan KKB 2021 secara online dalam 10 hari pertama sejak 11 Oktober mampu mencapai Rp1,25 milyar yang berarti naik lebih dari 100 persen dibandingkan KKB tahun 2020. Pencapaian ini berkat dukungan berbagai pihak atas capaian ini didukung dengan berbagai platform e-commerce, sarana pembayaran digital penggunaan QRIS.
“Di samping daya tarik produk UMKM yang semakin menarik hati masyarakat untuk bangga dan beIi produk Indonesia,” katanya.

Ia menilai peluang UMKM Banten untuk berkembang masih terbuka termasuk  pembiayaan UMKM masih terbuka lebar mengingat porsi pembiayaan UMKM di Banten baru mencapai 13,5  persen.
“Perlu menjangkau lebih luas berbagai keunggulan UMKM di Kabupaten/Kota,” katanya.

Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Banten Muhtarom mengapresiasi sinergi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Banten dan Pemerintah Provinsi Banten dalam menyelenggarakan kegiatan KKB 2021 terutama berkaitan dengan upaya untuk fasilitasi UMKM Banten naik kelas dan memperluas akses pemasaran.

“Tidak hanya domestik tapi juga global serta membuka peluang akses pembiayaan bagi UMKM,” katanya..

Advertisement

Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Banten, Agus Mintono yang juga turut hadir offline menyampaian bahwa kegiatan pengembangan UMKM sejalan dengan program kerja Dinas Koperasi dan UMKM dan berharap menjadi agenda rutin agar UMKM Banten menjadi motor penggerak perekonomian dan kesejahteraan Provinsi Banten.

Kegiatan ini merupakan dari rangkaian acara Karya Kreatif Banten (KKB) Tahun 2021 yang dibuka pada 11 Oktober 2021 lalu. Kegiatan talkshow kali ini, diikuti oleh para UMKM peserta KKB dan juga UMKM lainnya yang hadir dalam platform virtual dari Banten dan Provinsi lainnya. Kegiatan talks menjadi pembuka rangkaian dengan business matching antara UMKM dengan calon partner atau agregator dalam rangka memperluas akses pasar dalam dan luar negeri, serta perbankan guna memfasilitasi pembiayaan UMKM. (susi)

Tinggalkan Komentar

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com