Info BisnisKeuangan

Apa Manfaat Gunakan Kartu Debit GPN ? Yuk Simak ! 

 

BISNISBANTEN.COM — Selain Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), Bank Indonesia (BI) saat ini sedang gencar mensosialisasikan masyarakat untuk menggunakan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), yang sudah dapat ditukarkan di semua perbankan.

Kepala KPw Bank Indonesia (BI)  Provinsi Banten Rahmat Hernowo mengatakan, dengan menggunakan kartu debit GPN masyarakat dapat sangat mudah untuk melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun.

Advertisement

“Kami sudah berkomitmen dengan seluruh perbankan, untuk menjalankan kewajiban pencantuman logo nasional (GPN) untuk kartu ATM atau debet sejak 1 Januari 2018,” katanya, Kamis (13/9).

Salah satu contoh kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Dikutip dari keterangan yang ditulis BI (31/7) terdapat beberapa manfaat menggunakan kartu debit berlogo burung garuda tersebut, diantaranya :

  1. Masyarakat dapat menggunakan kartu ATM atau debit berlogo GPN untuk melakukan transaksi disemua kanal pembayaran diseluruh perbankan.

 

  1. Masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman, karena kartu ATM atau debit GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi, serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.

 

Advertisement
  1. Masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant, dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR).

 

  1. Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar, karena seluruh kanal pembayaran sudah terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).

 

  1. Biaya administrasi yang lebih murah, karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien.

“Kami terus mensosialisasikan kampanye nasional GPN, dimana kami memberi tahu kepada masyarakat terkait manfaat dan apa itu GPN,” tutupnya. (GAG/NUA).

 

 

 

Penulis : Wirda Garizahaq

Editor : Nurzahra Amalia

 

 

Advertisement
LANJUT BACA