Keuangan

Apa Itu Soceng? Modus Penipuan yang Marak Terjadi Saat Ini

BISNISBANTEN.COM — Mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu soceng. Soceng merupakan sebuah metode penipuan baru yang biasanya dilakukan melalui media sosial/internet. 

Social Engineering atau yang biasa disebut sebagai soceng adalah sebuah cara untuk memanipulasi psikologis dari seseorang untuk tujuan mendapatkan informasi pribadi yang sifatnya rahasia. Social Engineering sendiri juga disebut sebagai Rekayasa Sosial. 

Apa itu Soceng?

Advertisement

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, soceng merupakan sebuah metode penipuan yang menyasar psikologi seseorang agar mau memberikan data pribadinya secara sukarela. Soceng ini cukup meresahkan karena para korban tidak menyadari bahwa dirinya sedang ditipu. 

Beberapa media yang digunakan oleh penipu dalam modus soceng ini antara lain melalui email, telepon, maupun media sosial. Rata-rata, orang yang menjadi korban adalah orang yang sedang mengalami kendala maupun kesulitan terkait dengan keperluan bank. 

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK bahkan mengimbau dan memberikan beberapa pengetahuan mengenai soceng agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap modus-modus yang dilakukan oleh penipu untuk mendapatkan informasi pribadi.

Modus Penipuan Soceng 

Advertisement

Setidaknya terdapat empat modus penipuan soceng yang biasa dilakukan oleh para penipu. Modus-modus ini perlu Anda ketahui agar kedepannya Anda tidak tertipu dan data Anda aman dari bahaya. 

1. Penipu akan berpura-pura menjadi pegawai bank yang menghubungi Anda untuk menginformasikan perubahan tarif transfer bank. Anda nantinya akan diminta untuk memberikan informasi penting seperti PIN, OTP, dan juga password dengan alibi sebagai pembaruan data.

2. Penipu menawarkan perubahan status dari nasabah biasa menjadi nasabah prioritas. Beragam rayuan dan juga penawaran menarik akan diberikan kepada Anda agar bisa mendapatkan informasi pribadi Anda. 

3. Penipu memiliki akun layanan konsumen palsu di berbagai media sosial yang akan menawarkan bantuan kepada nasabah yang sedang mengalami kendala. Pastikan Anda menghubungi pihak bank melalui akun media sosial resmi mereka agar tidak menjadi korban penipuan.

4. Modus terakhir adalah penipu menawarkan sebuah tawaran untuk menjadi agen Laku Pandai dengan persyaratan yang sangat mudah. 

Hal yang Perlu Diperhatikan

Untuk menghindari penipuan soceng ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal terkait dengan data pribadi Anda. Beberapa hal tersebut antara lain: 

1. Selalu cek kebenaran atas informasi yang didapatkan di situs resmi bank terkait.

2. Pastikan jika nomor telepon atau email yang menghubungi Anda merupakan nomor atau email resmi dari bank terkait.

3. Jangan pernah memberikan data pribadi seperti PIN, password, dan lainnya kepada siapapun karena pegawai bank pun tidak memiliki hak untuk mengetahui hal tersebut. 

4. Tetap tenang jika mendapatkan informasi maupun hal terkait dengan bank dari nomor tidak dikenal. 

5. Segera akhiri percakapan jika pihak yang menghubungi tersebut mulai mencurigakan dengan meminta bayaran maupun informasi pribadi. 

Itulah beberapa informasi terkait dengan apa itu soceng. Selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi dan jangan berikan data pribadi Anda kepada siapapun. (susi)

LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com