Banten24

Agar Tepat Sasaran, BPJS Kesehatan Laksanakan Spot Check KIS Sampai Kepelosok Desa

BISNISBANTEN.COM — Dalam rangka memastikan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) khususnya dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) telah terdistribusi secara tepat sasaran kepada masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Serang dan Kedeputian Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung melaksanakan kegiatan blusukan spot check Kartu Indonesia Sehat (KIS) ke sejumlah daerah, Senin (29/10).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Serang Eveline Albertina, mengatakan spot check ini dilakukan untuk memastikan bahwa kartu KIS yang disitribusikan oleh pihak ketiga sudah terdistribusikan dan sampai pada penerimanya yaitu peserta PBI-JK.

“Selain untuk memastikan kartunya diterima oleh peserta yang berhak, BPJS Kesehatan juga memastikan identitas dalam kartu sesuai dengan data Kartu Keluarga maupun KTP serta menanyakan pengalaman serta kendala dalam mengakses pelayanan Kartu JKN-KIS.” ungkap Eveline

Advertisement

Eveline juga menuturkan bahwa kegiatan spot check ini juga untuk mendata dan melakukan penarikan kartu JKN-KIS yang tidak diterima oleh masyarakat yang berhak ataupun tidak tepat sasaran.

“Hal ini dilakukan untuk dilaporkan ke pemerintah pusat, apabila peserta tersebut ternyata sudah meninggal dunia atau sudah memiliki pekerjaan tetap, maka hak kepesertaan PBI APBN mereka bisa dialihkan kepada masyarakat lain yang membutuhkan,” tambah Eveline.

Kegiatan spot check tersebut akan dilaksanakan hingga bulan November mendatang. Spot check distribusi KIS PBI APBN ini merupakan salah satu penilaian kinerja BPJS Kesehatan, maka melalui fungsi pengawasannya BPJS Kesehatan melakukan blusukan ke masyarakat untuk memastikan bahwa kartu KIS tersebut terdistribusi hingga ke penerima yang berhak.

Sampai dengan 5 Oktober 2018, terdapat 3.900.525 jiwa penduduk yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS di wilayah kerja Cabang Serang. Untuk memberikan layanan kepada para peserta JKN-KIS tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Serang telah bekerja sama dengan 291 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), 16 rumah sakit (termasuk di dalamnya klinik utama), 21 apotek, dan 6 optik yang tersebar di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kota Serang dan Kota Cilegon. (GAG/NUA).

Advertisement

Penulis : Wirda Garizahaq

Editor : Nurzahra Amalia

Advertisement
LANJUT BACA