Inspirasi

Ada Patung Bung Karno Menunggang Kuda Yang Baru Diresmikan: Penasaran?

BISNISBANTEN.COM – Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Prabowo Subianto dan Mantan Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Proklamator Sukarno sedang menunggang di atas kuda, Minggu (6/6/2021). Patung itu terinspirasi dari peristiwa ketika panglima tertinggi pertama angkatan perang republik tersebut, menginspeksi pasukan dalam acara peringatan hari ulang tahun pertama tahun 1946.

Patung Sukarno di atas kuda itu terletak di halaman depan kompleks kantor Kementerian Pertahanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Menhan Prabowo menjelaskan bahwa Bung Karno bukan saja presiden Indonesia pertama. Namun juga proklamator kemerdekaan, sekaligus penggagas ideologi yang persatukan bangsa Indonesia yaitu Pancasila.

Advertisement

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa pehlawannya,” ujar Prabowo, di dalam acara yang dilaksanakan secara virtual itu, Minggu (6/6/2021).

Menurutnya, sepantasnya saat ini generasi penerus mengenang jasa Bung Karno.

“Ini bukan bagian dari kultus individu, bukan memuja-muja sejarah masa lalu, tapi ini adalah pewarisan nilai-nilai kebangsaan. Generasi muda harus mengerti dan sadar darimana kita berasal, kita tak serta merta mendapat hadiah kemerdekaan, namun kemerdekaan itu direbut dengan darah, keringat, dan air mata,” kata Prabowo.

Dia lalu menjelaskan bahwa patung terinspirasi dari kejadian di 5 Oktober 1946. Saat itu, sebagai panglima tertinggi angkatan perang, Bung Karno menjadi inspektur upacara. Para pemimpin tentara saat itu meminta Bung Karno melakukan inspeksi pasukan dengan naik kuda. Bung Karno membutuhkan waktu tiga hari untuk menjadi mahir naik kuda. (Haris)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com