Pemkot Cilegon Terus Dukung Perkembangan Koperasi

50

BISNISBANTEN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon terus melakukan pemberdayaan dan dukungan terhadap perkembangan koperasi. Melalui Peraturan Walikota (Perwal) nomor 40 tahun 2018, Pemkot Cilegon terus melakukan penguatan fungsi koperasi.

Perayaan HUT Koperasi ke 71 tingkat Kota Cilegon dilaksanakan di Krakatau Junction, Jumat (26/10). Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cilegon Edi Ariadi membuka acara tersebut. Turut hadir Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon Fakih Usman Umar, pejabat eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemkot Cilegon serta para pelaku usaha serta koperasi di Kota Cilegon.

Plt Walikota Cilegon Edi Ariyadi mengatakan, koperasi merupakan organisasi ekonomi rakyat yang berbasiskan anggota yang mampu mengatasi permasalahan perekonomian. Koperasi menurutnya mampu mengatasi permasalahan internal khususnya dalam bidang peningkatan kualitas SDM, kualitas produksi, pemasaran dan permodalan.

“Maka dari itu, kami Pemkot Cilegon sangat mendukung dalam perkembangan semua bentuk program kegiatan koperasi salah sataunya dalah program gerakan koperasi sehat,” ujar Edi.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan jumlah koperasi yang aktif di Kota Cilegon yaitu sebanyak 542 Koperasi. Koperasi-koperasi yang telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebanyak 200 koperasi, dengan jumlah anggotanya sebanyak 41.405 orang, dan total modal sendiri koperasi mencapai 174 Miliar dan modal yang berasal dari luar 497,95 Miliar.

“Koperasi inilah yang memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Cilegon terutama dalam mengurangi kemiskinan dan pengangguran yang di Kota Cilegon,” pungkas Edi. (AHR/NUA)

Penulis : Ahmad Haris
Editor : Nurzahara Amalia