BI Banten Siapkan Sejumlah Titik Penukaran Uang di Banten

18

BISNISBANTEN.COM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten menyiapkan 100 titik lokasi untuk layanan penukaran uang menjelang Lebaran. Ada sekitar Rp21,340 miliar uang pecahan baru yang disiapkan untuk warga yang hendak menukarkan uang.

“Lokasi penukaran di pusat keramaian seperti pasar, mall, di lokasi pasar murah yang diadakan oleh Pemprov dan Pemda serta lokasi stakeholder tertentu,” kata Pjs Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Provinsi Banten Erry P Suryanto, Jumat (17/5)

Selain itu, Bank Indonesia bersama 7 perbankan sudah menjadwalkan membuka pelayanan penukaran uang melalui kas keliling di Alun-alun Kota Serang pada 23, 24, 27, 28 Mei; di Alun-alun Kota Cilegon pada 27 dan 28 Mei; di Alun-alun Rangkasbitung pada 22 Mei, di Alun-alun Kota Tangerang Selatan 21 Mei; dan di Pelabuhan Merak 29 dan 30 Mei.

Pelayanan penukaran uang di masing-masing lokasi akan dibuka pukul 09.00 sampai pukul 13.00 WIB. Jadi warga bisa memanfaatkan pelayanan ini,” ujarnya.

Untuk di daerah terdepan, terluar dan terpencil di Banten, seperti di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak serta Kecamatan Panimbang dan Cibaliung di Kabupaten Pandeglang, masyarakt bisa mendatangi BI Jangkau dimulai dari 6 Mei hingga 31 Mei 2019.

“Agar setiap masyarakat yang memerlukan uang pecahan kecil dapat terlayani dengan baik, maka untuk penukaran perorang dibatasi total Rp4 juta dengan komposisi Rp2 juta pecahan Rp10.000, Rp1 juta pecahan uang Rp5.000 dan Rp1 juta pecahan Rp1.000,” jelasnya.

Erry meminta kepada masyarakat agar menukarkan uangnya di lokasi-lokasi resmi untuk mencegah risiko uang palsu dan untuk menjaga kualitas uang. Masyarakat juga diimbau selalu memperhatikan ciri keaslian rupiah dengan cara Dilihat, Diraba dan Diterawang. (GAG)