100 Wajib Pajak di Banten Raih Taxpayer Award 2020

21

BISNISBANTEN.COM – Sebanyak 100 Wajib Pajak (WP) yang memberikan kontribusi pendapatan pajak daerah Provinsi Banten, mendapatkan penghargaan Taxpayer Award 2020 dari Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral Pajak (Kanwil DJP) Banten. Penyerahan penghargaan Taxpayer Award 2020 itu dilakukan di Kino Town Lt 3, Alam Sutera Kota Tangerang, Rabu (26/2/20).

Kepala Kanwil DJP BantenJatnika mengatakan, pemberian penghargaan itu dalam rangka mengapresiasi para Wajib Pajak (WP) yang memberikan kontribusi pendapatan pajak Provinsi Banten. Menurutnya, hampir seluruh WP sudah patuh dalam pelaporan SPT tahunan, namun hanya 100 WP yang terpilih mendapatkan award.

“Karena terbatasnya anggaran dan tempat, kami juga sangat mengapresisasi WP, melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di masing-masing daerah juga melakukan hal serupa,” ujar jatnika kepada BISNISBANTEN.COM.

Ia melanjutkan, pada tahun 2019 Kanwil DJP Banten berhasil mencapai target 89 persen, atau Rp 51,2 triliun dalam penerimaan pajak. Hal ini membuat Banten masuk ke dalam 12 besar pendapatan pajak dari 34 provinsi. Capaiannya pun di atas target nasional.

“Tahun ini Kanwil DJP Banten akan mengembangkan target menjadi 24,89 persen artinya target tahun 2020 adalah Rp 63,70 triliun, sektor industri pengolahan, perdagangan serta real estate menjadi penyumbang tertinggi,” kata Jatnika.

Direktur Pemeriksaan dan Penagihan DJP Pusat, Angin Pratino Aji menyatakan, Banten menjadi salah satu Provinsi dengan pendapatan pajak terbaik.

“Penerimaan sudah sudah diatas Nasional kalau di Nasional 84 persen sementara Banten diangka 89 persen. Kedepan DJP Pusat akan memanfaatkan teritori wilayahnya masing-masing. Dari 34 Kanwil, DJP akan memantau kegiatan ekonomi lebih medalam untuk memaksimalkan pendapatan yang lebih tinggi,” tukas Aji.

Melalui kegiatan Taxpayer Award 2020 ini, para WP diharapkan dapat terpacu lagi untuk melaporkan SPT dan membayar pajak tepat waktu. (AHR)