Info Bisnis

Tingkatkan Kinerga Kampus, AMIK Serang Ikut Bimtek Pusat Karir

BISNISBANTEN.COM — AMIK Serang mengirimkan dua orang  perwakilan bidang kemahasiswaan dan Akademik untuk mengikuti program Bimtek Pusat Karir dan Tracer Study yang dilaksanakan Universitas Pamulang Tangerang, Kamis (21/7). Bimtek ini dalam rangka peningkatan kualitas kinerja Perguruan Tinggi.

Direktur AMIK Serang Ahmad Dedi Jubaedi mengungkapkan, melalui kegiatan bimbingan teknis bertujuan untuk peningkatan pusat karir dan data tracer study. Dalam rangka peningkatan kualitas kinerja Perguruan Tinggi melalui pengukuran Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 Perguruan Tinggi (PT) sesuai Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 754 Tahun 2020 yang salah satunya melalui pelaksanaan pelaporan pelacakan jejak alumni melalui tracer study dan pusat karir yang menjadi salah satu indikator penilaian sumber data untuk akreditasi dan pemeringkatan perguruan tinggi.

“Kita bisa mengukur apakah lulusan kita itu seperti yang kita prospekkan pada waktu mereka masuk kuliah. Selain itu, tracer study juga diperlukan sebagai media umpan balik dari para lulusan. Lulusan yang sudah bekerja ataupun memiliki usaha sendiri dapat memberikan masukan terhadap sistem pembelajaran ataupun pengalaman belajar di AMIK Serang,” katanya.

Advertisement

Ia mengatakan, masukan ini penting untuk membangun kurikulum dan pengembangan sistem pendidikan di AMIK Serang yang lebih baik.  Selain meningkatkan mutu pendidikan, data tersebut juga berguna bagi pemeringkatan perguruan tinggi. Kualitas alumni menjadi salah satu indikator penilaian dari pemeringkatan perguruan tinggi, baik nasional maupun internasional.

“Kalau para alumni kita mampu berkarier baik, menjadi pemimpin bangsa, menjadi alumni prominen, ataupun bekerja di perusahaan yang berpengaruh pada perekonomian Indonesia. Maka kita akan memetik hasilnya di pemeringkatan internasional. Karena itu, peningkatan response rate atau ukuran sampel dari tracer study sangat penting,” katanya.

Dalam beberapa tahun terakhir, angka response rate di AMIK Serang belum mencapai target  yang diharapkan. Perlu ada strategi bersama dalam meningkatkan jumlah lulusan yang mengisi tracer study. (**)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com