Keuangan

Soal Uang Rupiah Edisi Terbaru, Kepala BI Banten : Bahan Lebih Bagus dan Berkualitas

BISNISBANTEN.COM — Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Imaduddin Sahabat mengungkapkan, Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 lebih bagus dan berkualitas dibandingkan dengan Uang Rupiah Tahun Emisi 2016 lalu. Ini diungkapkan saat konferensi pers di Perpustakaan BI Banten, Jumat (19/8). 

Menurutnya, bahan yang gunakan untuk uang kertas TE 2022 ini adalah kapas dan bukan kayu seperti yang banyak dipikirkan orang sehingga kualitas bahan lebih bagus dan berkualitas. Selain bahan, kualitas tinta yang digunakan juga lebih baik dari sebelumnya. 

“Uang Rupah TE 2022 ini merupakan hasil dari perbaikan dari emisi sebelumnya agar masyarakat lebih nyaman dan lebih senang dalam menggunakannya. Kualitas uang Rupiah Emisi 2022 ini sama seperti mata uang di dunia,” katanya. 

Advertisement

Ia mengatakan, dengan kualitas bahan yang lebih baik membuat uang Rupiah TE 2022 ini lebih tahan lama dan tentu masyarakat harus tetap merawat kualitasnya terus terjaga. 

“Masyarakat bisa mencintai Rupiah dengan cara merawat dan menjaganya, jangan sampai lecek,” katanya. 

Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 ini hadir dengan tujuh uang pecahan. Meskipun gambar pahlawan masih sama dengan uang Rupiah tahun Emisi 2016, tetapi ada beberapa perbedaan antara lain warna lebih mencolok sehingga lebih mudah dikenali setiap pecahannya, posisi benang pengaman yang sama, berat uang pecahan yang sama yakni 90 gsm, dan ukuran setiap pecahan berbeda 5 cm sehingga semakin kecil uang pecahan semakin pendek. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com