Banten24

Siapkan Bidan Handal, Akbid BPH Serang Rutin Gelar Transformasi Knowledge

 

BISNISBANTEN.COM – Menjadi seorang bidan yang handal merupakan prioritas utama di Akademi Kebidanan Bhakti Purna Husada Serang. Hal yang biasa dilakukan sebelum mahasiswa terjun ke masyarakat yakni transformasi knowledge, untuk berbagi pengalaman ketika mahasiswa berada di lahan praktik.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Kebidanan Bhakti Purna Husada Serang Sri Wahyuni menjelaskan, transformasi knowledge merupakan wadah berbagi pengalaman yang dilakukan antara dosen dan mahasiswa tingkat III kepada mahasiswa tingkat II, untuk mempersiapkan Praktik Klinik Kebidanan Dasar I (PKK Dasar I).

Advertisement

“Jadi sharing aja seputar kegiatan di rumah sakit seperti apa, bagaimana cara menyikapi tenaga kesehatan dan pasien, dan apa aja yang harus dipersiapkan,” jelas Sri.

Sementara itu, suasana transformasi knowledge dibuat senyaman mungkin, agar penyaluran ilmu bisa terserap dengan baik, sehingga ketika ada hal yang kurang baik, jangan diikuti. Dan hal yang baik, bisa dituangkan di masyarakat. “Kami menilai, sejauh ini kegiatan transformasi knowledge efektif untuk mahasiswa,” katanya.

Selain itu, Akademi Kebidanan Bhakti Purna Husada Serang memiliki visi untuk menjadi program studi kebidanan yang unggul, maka pihaknya harus menyesuaikan dengan visi misi tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan memberikan transformasi knowledge dan dengan memberi kegiatan praktik.

“Kami juga berharap, mahasiswa lulusan dari Akademi Kebidanan Bhakti Purna Husada Serang, mereka akan lebih terampil, sehingga jumlah praktiknya itu kita tambah,” (SYF/NUA)

Advertisement

Penulis : Syfa Fauziyah
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com