Banten24

Ribuan Jamaah Hadiri Haul Akbar Abuya Shidiq Bin Ma’lum ke 77 di Makam Keramat Combong Cangkudu Baros

BINISBANTEN.COM — Ribuan jamaah yang meliputi para ulama, tokoh agama, santriwan dan santriwati hadir dalam acara Haul Akbar Abuya KH Shidiq Bin Ma’lum ke 77, pada Rabu 22 Mei 2024, di sekitar areal Makam Keramat Combong, Cangkudu, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten.

Pantauan di lokasi acara, jamaah mulai memadati areal Makam Keramat Combong sejak sore hari. Jamaah mulai membludak jelang dimulainya acara sekitar pukul 20.00 WIB tersebut.

Acara dimulai dengan Istighosah yang dipimpin oleh Abuya Muntaqo Dimyathi Cidahu. Kehadiran qori tingkat nasional yang melantunkan ayat-ayat suci Al Quran pada rangkaian acara tersebut, membuat suasana semakin khidmat.

Advertisement

Ketua Panitia, Ustadz Ahmad Khusnun mengatakan, Abuya KH Silhidiq bin KH Malum adalah pendiri Pesantren Riyadhul Awamil Cangkudu, Baros, Kabupaten Serang. Almarhum merupakan pejuang sekaligus pengajar yang telah memberikan banyak manfaat bagi umat.

“Sejak almarhum meninggalkan kita semua pada tahun 1947, alhamdulillah perjuangan beliau masih dilanjutkan oleh anak cucunya. Pesantren Riyadhul Awamil berjalan dengan baik hingga saat ini,” ujar Ustadz Khusnun.

Sementara itu, pihaknya mengapresiasi seluruh jamaah yang menghadiri Haul Akbar Abuya KH Shidiq Bin Malum tersebut.

Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus permohonan maaf atas segala kekurangan dalam acara itu kepada para jamaah yang datang. Mereka yang datang bukan saja dari lingkungan di wilayah Kecamatan Baros, namun juga datang dari berbagai daerah di Banten. Bahkan diantaranya juga datang dari luar Banten.

Advertisement

Pada penghujung acara, ceramah Agama disampaikan KH Fathul Ulum dari Padarincang yang membahas tentang ketauhidan Allah SWT dan kehidupan keseharian. Taushiyah yang diselingi banyolan khas santri membuat acara semakin semarak. Hingga tak terasa lamanya, kajian yang berlangsung hampir dua jam tersebut.

Pesan KH Fathul Ulum tentang sosok Abuya KH Shidiq Bin Malum yang telah menjadi gurunya sejumlah ulama di Banten diharapkan menjadi inspirasi bagi para jamaah untuk tidak bosan dalam menuntut ilmu.

Almarhum merupakan teladan yang telah melahirkan banyak Abuya, bukan hanya di tatar Banten, namun juga para pemimpin Pesantren di sejumlah tempat di Indonesia.

Hadir pada acara itu, Kapolres Serang Kombes (Pol) Sofwan Hermanto, sejumlah tokoh agama dan para pimpinan pesantren yang rata-rata para keturunan alumni Pondok Pesantren Riyadhul Awamil Cangkudu.***

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com