Asuransi

Putri Bersyukur, Operasi Batu Empedu Semua Ditanggung BPJS Kesehatan

BISNISBANTEN.COM – Salah satu peserta BPJS Kesehatan di Kota Serang, Putri Hidayah merasa sangat terbantu dengan adanya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS).

Wanita 25 tahun ini merupakan karyawan swasta dan dirinya ingin membagikan kisahnya saat menderita penyakit batu empedu.

Batu empedu atau cholelithiasis sendiri, merupakan kondisi yang ditandai dengan sakit perut mendadak akibat terbentuknya batu dalam kantung empedu. Gejala utama seseorang terkena penyakit batu empedu adalah nyeri secara mendadak di bagian kanan atas atau tengah perut, mual, muntah, hilang napsu makan, dan gejala lainnya.

Advertisement

“Saat saya sedang beraktifitas, sering tiba-tiba muncul nyeri di ulu hati. Tapi awalnya saya tahan-tahan. Setelahnya beberapa minggu kemudian sakitnya semakin parah,” katanya, Rabu (23/2).

Putri berinisiatif untuk berobat ke faskes pertama nya yakni di Puskesmas Singandaru. Setelahnya Putri meminta rujukan untuk memeriksakan penyakitnya tersebut ke Rumah Sakit Sari Asih Serang.

Setelah berhasil mendapat rujukan, dan dikonsultasikan oleh dokter penyakit dalam, penyakit batu empedu yang diidap Putri ternyata harus ditindak segera, yakni melalui jalan operasi.

“Alhamdulillah saya operasi batu empedu semua ditanggung oleh BPJS Kesehatan, sepeserpun saya tidak mengeluarkan uang untuk berobat sampai dengan operasi,” katanya.

Advertisement

Putri tak menyangka BPJS Kesehatan akan meng-cover semua biaya pengobatan. Semula dia berfikir hanya akan ditanggung untuk obat-obatannya saja.

“Sering berobat, sampai menjalani operasi batu empedu di beberapa rumah sakit dan di-cover semua,” katanya.

“Pelayanan yang saya terima sudah sangat baik, hendaknya seluruh fasilitas kesehatan dapat terus memberikan pelayanan yang baik dan sepenuh hati kepada pasien peserta BPJS Kesehatan, dan untuk yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan, sudah saatnya kita mendaftarkan diri serta anggota keluarga, karena kapanpun kita tidak pernah tahu kita sakit. Namun kalau kita menjadi peserta BPJS Kesehatan, kita tidak akan pernah takut untuk memikirkn biaya untuk berobat,” tutupnya. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com