Ekonomi

PLN Ajak Pelanggan Dukung Sumber Energi Terbarukan melalui Renewable Energy Certificate

BISNISBANTEN.COM — Sejak November lalu, PT PLN (Persero) telah meluncurkan Renewable Energy Certificate (REC) atau sertifikat energi baru terbarukan. Sertifikat ini atau REC merupakan instrument berbasis pasar yang menyatakan bahwa pemegang sertifikat menggunakan sumber listrik yang berasal energi terbarukan.

Satu unit REC merepresentasikan penggunaan 1 MWh energi listrik dari suatu pembangkit listrik renewable energy. Dengan memiliki REC dapat menjadi bukti komitmen masyarakat untuk turut mendukung bauran energi baru dan terbarukan di Indonesia.

“Masyarakat yang menginginkan pengakuan atas penggunaan listrik dari sumber energi terbarukan, kini dapat melakukan klaim dan selanjutnya memperoleh Sertifikat Energi Terbarukan atau Renewable Energy Certificate (REC) dari PLN,” ujar SRM Niaga & Pelayanan Pelanggan PLN UID Banten, Dony Adriansyah.

Advertisement

Diharapkan melalui REC semua pihak dapat berkontribusi mengembangkan energi hijau atau green energy dengan lebih terkonsolidasi, karena hasil REC ini akan digunakan oleh PLN untuk didnvestasikan kembali kepada pembangkit-pembangkit energi terbarukan.

“Satu unit REC memiliki harga Rp35 ribu, biaya ini akan digunakan untuk diinvestasikan kembali pada sumber energi terbarukan,” lanjut Dony.

Saat ini pelanggan yang membeli layanan REC dapat memanfaatkan promo keringanan biaya Penambahan Daya dari PLN yaitu melalui Program Ramadhan Peduli. Dimana pelanggan hanya dikenakan biaya Rp202.100,- untuk penambahan daya ke 2.200 – 11.000 VA dengan membeli tiga unit REC senilai Rp115.500 yang setara dengan 3 MWh.

Dengan mengikuti program ini, selain pelanggan dapat berkontribusi dalam pembangunan energi listrik terbarukan, pelanggan juga sekaligus membantu masyarakat tidak mampu untuk mendapatkan listrik gratis.

Advertisement

Di Banten sendiri, sebanyak 698 pelanggan PLN telah memanfaatkan promo tambah daya ini dan juga turut berkontribusi pada penggunaan energi terbarukan melalui REC.

“Masyarakat Banten masih berkesempatan untuk turut berkontribusi pada pengembangan renewable energy melalui REC dan juga sekaligus mendapatkan keringanan biaya tambah daya. Promo Ramadhan Peduli ini masih dapat dinikmati hingga tanggal 31 Mei ini, jadi jangan sampai melewatkan kesempatan ini,” ujar Dony.

Dony pun memberikan tutorial akses layanan REC, sebagai berikut:
a. Pelanggan PLN dapat mendaftar REC melalui website www.layanan.pln.co.id dan klik menu Renewable Energy Certificate.
b. Klik Daftar dibagian sudut kanan atas
c. Masukkan data untuk membuat akun seperti email, nama, nomor telpon
d. Sistem akan mengirimkan kode OTP lalu masukkan kode tersebut
e. Login kembali menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Pelanggan akan dibawa pada tampilan utama laman, kemudian klik “Beli REC” dan pilih Kategori Pembelian sesuai dengan kebutuhan
f. Lengkapi profil, selanjutnya klik “Edit data pembeli REC”. Isi NIK, NPWP, ID Pelanggan, dan detail alamat, lalu klik simpan
g. Klik kembali sub menu “Renewable Energy Certificate” dan “Beli REC”. Pilih kategori pembelian yang dikehendaki
h. Pilih pembangkit mana yang dipilih untuk layanan REC dan isikan juga jumlah unit yang diambil. Pada bagian sisi kanan, akan tampak gambaran akumulasi biaya yang perlu dibayarkan untuk pembelian REC yang dilakukan, lalu klik “Beli”
i. Pemesanan selesai, Nomor registrasi akan dikirimkan melalui email yang didaftarkan untuk kemudian digunakan sebagai kode pembayaran dalam jangka waktu 5×24 jam
j. Apabila pembayaran berhasil. REC akan dikirimkan melalui email lengkap disertai e-voucher keringanan tambah daya bagi kategori pembelian Ramadhan Peduli. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com