Asuransi

Persalinan Caesar Rp0 Pakai BPJS Kesehatan

BISNISBANTEN.COM — Salah satu kebahagiaan yang hakiki dalam sebuah keluarga yaitu hadirnya anak. Jika dahulu kelahiran seorang anak merupaakan salah satu hal yang di khawatirkan para orang tua terkait biaya persalinan, maka saat ini hal itu sudah tidak akan lagi dirasakan para orang tua yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS aktif.

Riri (29), warga Kebon Jahe Kota Serang-Banten ini telah merasakan manfaat dari Program JKN-KIS saat melahirkan anak pertamanya bulan Februari tahun 2018 lalu. Wanita yang berprofesi sebagai guru les privat ini terdaftar dalam kepesertaan kelas I.

“Saya sudah lama punya kartu JKN-KIS ini bersama suami yang diberikan oleh perusahaan tempat suami saya bekerja. Saat kehamilan saya selalu ke Rumah Sakit di setiap bulannya untuk memeriksakan kandungan saya,dan melakukan Ultrasonografi  (USG). Selama pemeriksaan dan kontrol tidak ada biaya yang saya keluarkan, karena menggunakan kartu JKN-KIS ini,” katanya, Jumat (25/02).

Advertisement

Ketika mendekati waktu persalinan ia pun langsung ke FKTP untuk meminta rujukan agar dapat melahirkan ke Rumah Sakit Krakatau Medika Cilegon. Dari hasil pemeriksaan menunjukkan kondisi bayi yang cukup besar, sehingga persalinan tidak dapat dilakukan secara normal melainkan secara caesar. Ia pun akhirnya segera dirujuk ke rumah sakit.

“Saya pikir akan bisa bersalin secara normal, tapi ternyata tidak bisa jadi saya dirujuk rumah sakit. Saya dan suami sempat berpikir akan biaya. Alhamdulillah persalinan anak pertama saya berjalan lancar, biaya yang awalnya sempat menjadi beban pikiran saya sirna seketika setelah mengetahui semua gratis dan ditanggung BPJS Kesehatan,” ungkapnya.

Ia pun meminta suaminya untuk langsung mendaftarkan bayinya sebagai peserta JKN-KIS, agar anaknya bisa terjamin kesehatannya.

“Saya langsung meminta suami untuk daftarkan anak saya, karena kita tidak tahu anak bayi begini kalau ada apa-apa ke depannya, supaya dia sudah memiliki jaminan kesehatannya,” tambahnya sambil menunjukkan kartu JKN-KIS milik anaknya.

Advertisement

Berdasarkan pengalaman tersebut, ia sangat berterima kasih dengan adanya Program JKN-KIS ini dan berharap agar program ini selalu ada agar dapat membantu seluruh masyarakat, khususnya keluarganya sendiri.

“Dengan adanya Program JKN-KIS sudah membantu saya sekeluarga, semoga program ini akan selalu ada untuk membantu seluruh masyarakat lain juga yang membutuhkan. Jangan sampai ada lagi cerita masyarakat takut berobat karena mahal. Tenang saja, karena sekarang sudah ada JKN-KIS. Yang penting ikuti prosedurnya dan jangan telat bayar iuran,” tutupnya. (Adv Bpjs Kesehatan)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com