Banten24

Peringati HUT DPK Cilegon, Walikota Helldy Komitmen Dukung Penuh Gerakan Literasi

BISNISBANTEN.COM – Walikota Cilegon Helldy Agustian memiliki komitmen yang sangat kuat untuk mendukung penuh terhadap berbagai program dan gerakan inovasi literasi. Hal itu disampaikan Helldy saat Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Cilegon ke-17 di halaman Kantor DPK setempat, Selasa (21/5/2024).

“Kami pastinya akan selalu mendukung setiap gerakan pojok literasi yang dijalankan oleh DPK Kota Cilegon di setiap kecamatan dan kelurahan, bahkan kegiatan ini akan merambah ke Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) di Cilegon,” kata Walikota Cilegon Helldy Agustian.

Dalam hal ini, Helldy memberikan apresiasi atas berbagai langkah dan program inovasi yang telah dijalankan DPK Kota Cilegon.
“Kami mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-17 kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cilegon. Kami juga memberikan apresiasi yang tinggi atas segala inovasi yang telah dilakukan kepala DPK,” ungkapnya.

Advertisement

Dijelaskan Helldy, atas kerja keras dan gerakan inovasi yang telah dilakukan tersebut, DPK Kota Cilegon akan menerima penghargaan Tingkat Nasional tentang Literasi. “Kami turut bangga bahwa Kota Cilegon akan menerima penghargaan terkait literasi tingkat nasional di Samarinda pada tanggal 29 Mei nanti. Kami telah memberikan mandat kepada Kepala DPK Kota Cilegon pak Ismatullah untuk hadir secara langsung disana,” jelasnya.

Menurut Helldy, kearsipan menjadi hal penting di Kota Cilegon. “Pemerintah Kota Cilegon sedang berupaya menjadikan tokoh Geger Cilegon yaitu Ki Wasyid dan Arsad Towil menjadi tokoh Pahlawan Nasional. Maka dengan itu, kami telah mencari dan menemukan arsip lengkap terkait beliau sejak tahun 1889 di Belanda. Rencananya, Rumah Dinas Kota Cilegon juga akan dijadikan Museum Cilegon, sehingga kearsipan tersebut perlu disiapkan dari sekarang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala DPK Kota Cilegon, Ismatullah mengatakan bahwa meningkatnya literasi di Kota Cilegon harus menjadi mimpi bersama. “Kami telah berikan pojok literasi di 8 kecamatan dan 20 kelurahan adalah bentuk upaya kami dalam meningkatkan literasi di Kota Cilegon. Ini harus menjadi mimpi kita bersama,” katanya.

Selain itu, tambah Ismatullah, pihaknya juga telah menciptakan salam khas DPK Kota Cilegon yang akan terus digaungkan. “Kami telah memiliki salam khas, yaitu salam SIMBA, akronim dari Simpan untuk kearsipan dan Baca untuk perpustakaan. Salam ini akan kita gaungkan dengan harapan seluruh masyarakat dapat menerapkan hal ini demi meningkatkan kepedulian literasi di Kota Cilegon,” tambahnya. (dik)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Muhammad Siddik

Wartawan bisnisbanten.com